PERTANIAN ALAMIAH (2)

Sejarah Hidup Masanobu Fukuoka (2)

Wawancara dengan Masonobu Fukuoka

Jika pembaca merasa bingung ketika membaca ungkapan-ungkapan yang saling bertentangan satu sama lain dalam wawancara di bawah ini, barangkali alangkah baiknya dipertimbangkan kebiasaan para filosuf dari dunia timur yang suka mencoba membantu orang untuk membongkar pola-pola kebiasaannya dalam berpikir. Dan itu akan mengembangkan suatu pemahaman baru bagi kita.

Dan memang,karena pertanian alaminya tsb menuntut suatu cara berpikir yang tak biasa, maka Fukuoka-san mengingatkan bahwa pertanian ini tidaklah untuk mereka yang takut-takut atau malas: “Metode saya seluruhnya bertentangan dengan teknik pertanian modern. Metode ini membuang pengetahuan ilmiah dan cara-cara pertanian tradisional ke luar jendela.”

Apa yang paling penting dari pemikiran revolusioner Fukuoka ini (dan memang kadang-kadang mencengangkan) tentunya akan merangsang —dan menantang— siapa pun yang ingin melihat dan mengetahui suatu bentuk alamiah yang lebih sederhana, lebih alamiah dari apa yang kita kenal sebagai pertanian.

PLOWBOY: Saya lihat Anda sedang menggambar, Fukuoka-san .. Gambar apa itu?

FUKUOKA: Ini sebuah sketsa pemandangan sebuah gunung, dan ada sebuah puisi menyertai:

Jauh di dalam gunung-gunung, jiwa yang lembut hati bertanya,
Untuk siapakah bunga-bunga liar itu berkembang?
Untuk serigala-serigala dan anjing ajak,
Yang tahu angin yang berhembus di pucuk pohon cemara dan
Ruh yang mengalir di lembah.

PLOWBOY: Dapat Anda menjelaskan apa makna dari puisi itu?

FUKUOKA: Wah, ada banyak cara kita bisa menafsirkan “jiwa yang lembut hati”. Dapat berarti seseorang … sekuntum bunga … atau bahkan rumput. Dan jika seseorang dapat bertanya pada jiwa yang lembut hati itu, mengapa jiwa itu hidup sendirian, jauh di dalam perut gunung-gunung, jiwa itu menjawab, “Saya tidak hidup di sini demi siapa pun.

Saya hanya mau mendengarkan pada serigala-serigala dan anjing-anjing ajak, berbicara dengan mereka dan berada bersama dengan mereka … Itulah alasannya mengapa saya hidup dan tinggal di sini.”

PLOWBOY: Apakah seseorang dalam gambar itu adalah Anda sendiri?

FUKUOKA: Saya berharap itu adalah saya!

PLOWBOY: Tampaknya jelas dari karya gambar Anda itu dan dari pendekatan Anda dalam bertani. Anda menghargai hubungan yang dengan dengan alam. Apakah Anda dulu dibesarkan di lingkungan desa?

FUKUOKA: Ya, saya seorang anak desa biasa, dilahirkan di sebuah rumah desa yang sederhana. Ayah saya —yang bekerja sebagai pemuka sebuah desa kecil— adalah seorang pemilik tanah dan seorang petani. Saya tumbuh seperti anak-anak desa yang lain … pergi ke sekolah dan membantu orangtua dan tetangga di sawah.

PLOWBOY: Apakah Anda langsung mulai bertani begitu selesai sekolah?

FUKUOKA: Tidak. Pertama-tama saya belajar di lembaga teknik khusus untuk telaah mikrobiologi dan penyakit tanaman. Lalu saya pindah ke Yokohama untuk bekerja sebagai pejabat lembaga karantina di Kantor Pabean Pertanian.

Pekerjaan saya adalah memeriksa dan melakukan percobaan dengan jeruk mandarin Jepang dan jeruk Amerika. Saya banyak belajar tentang kelemahan dan penyakit dari berbagai tanaman .. dan saya sangat menikmati pekerjaan di laboratorium itu.

Tapi, ketika umur 25 tahun, saya mengalami perubahan hati —dan pikiran— yang membuat hidup saya seluruhnya berubah sejak saat itu.

Sumber tulisan : http://sekolahpetani.blogspot.com/

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s