NYAMUK DI MUSIM HUJAN

Musim hujan tiba

Bila musim hujan tiba, biasanya banyak titik-titik  tertentu yang tergenang. Genangan air inilah yang nantinya akan dikunjungi nyamuk. Dari nyamuk inilah, akan keluar jentik-jntik nyamuk. Dalam bahasa daerah tertentu, jentik-jentik nyamuk disebut kecu.Bila hal ini telah terjadi, maka akan tiba “musim baru” di daerah kita. Musim nyamuk.

Untuk mengatasi i masalah ini (banyak nyamuk), banyak cara yang dapat digunakan. Cara-cara tsb adalah sbb :

Pertama, dengan cara kimia.

Ada yang memakai alat semprot nyamuk. Sebelumnya alat semprot ini diisi dengan racun nyamuk. Cara ini jelas mengandung resiko. Residu-residu racun nyamuk akan hinggap dimana saja. Bisa di lantai, di kursii, di kasur, dll.

Cara kimia ini, ada juga yang dipadatkan. Atau dimasukkan ke dalam alat tertentu, kemudian dengan bantuan listrik, dapat mengeluarkan aroma yang bisa mengusir nyamuk.

Ada juga bahan kimia yang disulap jadi “handbody” sehingga kemudian dapat diusap ke bagian tubuh tertentu. Dengan cara ini, nyamuk tidak mau hinggap. Biasanya, untuk mensiasati cara di atas, produk yang akan dijual akan menambahkan bahan pengharum. Sehingga kesan yang terjadi adalah aroma keharuman. Padahal secara prinsip cara ini dapat meninggalkan residu-residu berbahaya.

Sekarang ini, ada juga beberapa produk pengusir nyamuk yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir nyamuk. Diberi kesan agar produknya ramah lingkungan.

Saya secara pribadi, merasa bersyukur bila ada produk yang masih mau menampilkan label ramah lingkungan.

Kedua, memakai kelambu

Cara ini ada juga yang masih melakukannya. Orang tua saya sampai saat ini masih memakai cara ini. Kita tinggal membeli kelambu, kemudian di pasang di tempat tidur. Cara ini sangat ramah lingkungan.

Ketiga, memakai produk yang dibakar

Ada juga produk yang dijual kepada konsumen, kemudian produk tsb harus dibakar agar mengeluarkan asap. Asap inilah yang akan mengusir nyamuk. Pada era 10-20 tahun yang lalu, cara ini banyak sekali digunakan. Bisa jadi, hampir setiap keluarga memakai cara tsb.

Keempat, memakai raket nyamuk

Cara ini cukup unik. Boleh disebut, dengan cara ini nyamuk dapat mati dengan cara disetrum. Produk ini awalnya menggunakan baterai untuk menghasilkan listrik. Setiap baterai habis, kita terpaksa membeli baterai baru. Dengan kondisi ini, kita harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli baterai. Produk ini akhirnya kurang diminati konsumen.

Maka, lahirlah produk raket nyamuk yang baru. Raket nyamuk ini dapat dicharger pada bagian gagangnya. Dan bisa berfungsi sebagai senter.

Kelima, ada yang membersihkan/menguruk air tergenang. Atau bisa juga membersihkan/menguras kamar mandi atau lainnya.

Keenam, ada yang melepaskan ikan tertentu ke dalam genangan atau got.

Biasanya ikan yang dilepas adalah ikan cupang. Atau ikan gapi. Saya pernah beberapa kali melepas ikan cupang pada got-got tertentu yang saya lihat banyak jentik nyamuknya

Ketujuh, Tanaman Pengusir nyamuk. Untuk yang satu ini, ada beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk anatara lain: zodia, tapak dara, lavender, dll .

Kedelapan, membakar bagian dari tanaman tertentu, sehingga mengeluarkan asap yang tak disukai nyamuk.

Kesembilan, memakai alat pengusir nyamuk gelombang elektrik.

Kesepuluh, dll.

Cara “aneh” mengurangi nyamuk

Dari sekian banyak cara yang saya sebutkan di atas, menurut saya pribadi ada “cara aneh” untuk mengurangi (mengusir) nyamuk.

Apa itu???

Dikala nyamuk sedang banyak, saya secara pribadi lebih suka menggunakan cara-cara yang “tidak melibatkan” bahan kimia. Bisa pakai raket nyamuk, pake kelambu, melepaskan ikan cupang, dll.

Tapi pada saat yang sama, cobalah ambil beberapa ember atau bak yang cukup besar. Isi dengan air hujan. Setengahnya saja. Kemudian, biarkanlah beberapa hari.

Biasanya, dalam 4-6 hari kan banyak jentik-jentik nyamuk. Setelah jentik-jentik nyamuk agak besar. Barulah ambil tindakan yang bisa mematikan jentik-jentik nyamuk tsb. Air di dalam ember/bak tsb bisa ditumpahkan ke tanah. Atau bisa juga kita masukkan ikan yang mau memakan jentik2 tsb.

Cara “aneh” ini pada prinsipnya, dari pada nyamuk-nyamuk nakal bertelur di sembarang tepat. Lebih baik kita tampung sendiri. Kita kasih tempat nyaman. Kemudian kita matikan.

“Berikanlah kasur yang empuk kepada lawanmu, kita bisa tikam saat mereka tertidur”, demikianlah pribahasanya.

Dengan cara ini, kita bisa memotong siklus hidup nyamuk. Kalau saja dalam satu RT, ada 5-10 rumah yang mau melakukan hal ini, maka siklus hidup nyamuk dapat berkurang drastis. Dengan sendirinya, keberadaan nyamuk disekitar kita dapat berkurang. Lingkungan pun dapat lestari sebab penggunaan bahan kimia pengusir nyamuk dapat berkurang. Aminn.

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s