MENGENAL POHON ZAITUN

Lima Besar Tanaman Di Al-Quran

Menurut Pak Iqbal Muhaimin, setelah mempelajari ayat-ayat di dalam Al Qur’an, ada 5 tanaman yang banyak disebut dalam Al-Quran. Secara berurutan tanaman-tanaman tsb adalah sbb:

  1.  Tanaman Kurma sebanyak 20 kali
  2.  Tanaman Anggur 9 kali dan berdampingan dengan kurma
  3. Tanaman Zaitun  5 kali dan berdampingan dengan kurma
  4. Tanaman Delima  3 kali dan berdampingan dengan kurma
  5. Tanaman Tin

Pandangan Pribadi

Menurut saya, ke-5 tanaman ini, minimal ada lah yang kita tanam di sekitar rumah. Bisa satu atau dua tanaman. Itu artinya, kita prioritaskan menanamnya.

Saya di rumah, secara pribadi, punya tanaman kurma, tanaman zaitun dan tin. Kalau di daerah saya, tanaman anggur dan delima ada juga yang menanam dan yang menjual, cuma sampai sekarang belum saya miliki. Hee

Menurut saya, dari ke-5 tanaman tsb, kita harus punya skala priortitas. Apa itu ? kita harus memiliki dan menanam tanaman zaitun. Bisa di halaman rumah. Bisa di pot. Intinya, tanaman zaitun harus ada di rumah kita.

Pertanyaannya: Kenapa Tanaman Zaitun?

Sebab Tanaman Zaitun, kata Al-Quran, adalah satu-satunya tanaman yang mendapatkan kata diberkahi oleh Allah SWT.

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.’ (Surat an-Nur: 35)

Bahwa zaitun adalah pohon yang banyak berkahnya – ITU SUDAH PASTI BENAR, karena Allah sendiri yang mengabarkannya.

Itu artinya semua tanaman zaitun mulai dari akar, daun, batang, buah, dll, diberkahi. Bila kita tanaman zaitun, biasanya yang kita dapatkan adalah buah dan daunnya. Bila kita tanam zaitun, belum ada buahnya. Maka mendapatkan daunnya saja sudah merupakan keberkahan tersendiri.

Hadist Nabi Muhamad SAW

Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan dengan isnad yang jayyid, dari hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dalam hadis yang lain dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW, telah bersabda: “Makanlah kalian dengan zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya zaitun dari pohon yang diberkahi” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Majah).

Ibnul Qayyim, salah seorang ulama terkenal, menulis dalam bukunya Zaadul Ma’ad: “Minyak zaitun bermanfaat untuk membebaskan racun dan mengeluarkan cacing. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menghambat tumbuhnya uban. Air zaitun yang asin baik untuk bekas luka karena kebakaran dan menguatkan gusi.  Sedangkan daun zaitun digunakan untuk mengobati luka, gatal-gatal dan mencegah keringat.

Manfaat Daun Zaitun

Berikut ini saya tuliskan manfaat daun zaitun bagi kesehatan, yang saya ambil dari tulisan di sini . Atau kita bisa cari di google: manfaat daun zaitun

Menurut berbagai penelitian, daun Zaitun banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Khasiat daun Zaitun sesungguhnya sudah terkenal sejak zaman dulu. Di kalangan masyarakat tradisional Maroko, daun Zaitun banyak digunakan untuk menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh.

Dan kini, seiring dengan banyaknya penelitian, khasiat daun Zaitun pun makin diketahui banyak orang. Seperti halnya tanaman lainnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan, daun Zaitun juga mengandung senyawa bermanfaat yang disebut oleuropein.

Penelitian terhadap oleuropein ini sudah dilakukan sejak tahun 1900-an silam. Dan hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa oleuropein ini sangat bermanfaat untuk melawan infeksi internal.

Oleuropein ini memiliki aktifitas anti-viral, anti-bakteri dan juga anti-fungial. Konsumsi daun Zaitun juga dapat meningkatkan thermogenin yang sangat bermanfaat dalam membakar lemak secara efektif. Makanya, bagi Anda yang ingin menurunkan kadar lemak tubuh dapat menggunakan daun Zaitun ini sebagai salah satu solusinya.

Penelitian yang dilakukan di Milan juga turut menambah pengetahuan akan khasiat dari daun Zaitun yang selain dapat menurunkan kadar tekanan darah di dalam tubuh, kandungan oleuropein dalam daun Zaitun ternyata bersifat sebagai antioksidan alami yang sangat paten.

Fungsinya dapat menghambat proses oksidasi lipid di dalam tubuh dan juga dapat menurunkan resiko menderita penyakit kardiovaskular. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan antioksidan di dalam daun Zaitun ini lebih tinggi dibandingkan teh hijau yang selama ini dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Manfaat antioksidan bagi tubuh memang sangat besar. Senyawa antioksidan di dalam daun Zaitun ini dapat membantu menurunkan resiko berbagai penyakit kronik seperti kanker.

Apigenin dan juga luteolin, dua senyawa yang juga terdapat di dalam daun Zaitun, merupakan senyawa aktif yang bersifat anti-kanker. Beberapa penelitian lain menyatakan bahwa ekstrak daun Zaitun sangat efektif untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker usus besar, liver, prostat, dan lambung.

Tak hanya itu, daun Zaitun ini memiliki peran sebagai anti-inflamasi. Suatu percobaan pernah dilakukan pada binatang. Konsumsi ekstrak daun Zaitun ternyata memiliki reaksi dalam mencegah terjadinya kerusakan saraf.

Seorang ilmuwan dari University of Massachusetts asal AS, Chris Kilham, mengaku takjub pada banyaknya khasiat daun Zaitun.

Bukan hanya para peneliti seperti Chris Kilham, khasiat daun Zaitun juga diakui sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki kontribusi terbaik untuk kesehatan manusia oleh berbagai kitab agama seperti Al-Qur’an, Injil, Taurat, dan Jabur.

Ya, khasiat daun Zaitun memang sangat luar biasa. Sekarang, kita tinggal menggunakan warisan pengetahuan ini secara konsisten untuk kesehatan. selain efektif, pengobatan penyakit dengan ekstrak buah Zaitun juga murah dan mudah didapatkan.

Daun Zaitun

Bila tanaman zaitun sudah ada. Kita tinggal petik daunnya. Kita lumat/potong kecil-kecil/ulek, kemudian kita rebus, minum airnya. Insya Allah akan menjadi obat mujarab seperti yang disebutkan di atas. Mudah bukan?

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

One Response to MENGENAL POHON ZAITUN

  1. cecep says:

    Tks infona
    Sepertina harus cari tanaman zaitun neh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s