MENCANGKOK TANAMAN

PERBANYAKAN TANAMAN BUAH

Secara umum, bila kita ingin memperbanyak tanaman terutama tanamana buah, maka minimal ada 2 cara yang bisa kita lakukan dalam hal ini :

Pertama, perbanyakam secara vegetatif
Memperbanyak tanaman cara ini antara lain: stek batang, cangkok, stek pucuk, dll
Kedua, Perbanyakan secara generatif (biji)

Masing-masing dari ke-2 cara perbanyakan tsb, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Mancongkok Tanaman

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas perbanyakan tanaman secara vegetatif, khususunya mencangkok tanaman. Bila kita ketik di internet: mencangkok tanaman. Maka akan kita dapatkan informasi yang berguna dalam hal mencangkok tanaman.

Banyak tulisan yang bercerita tentang tata cara mencangkok. Banyak penulis yang menerangkan cara mencangkok yang benar. Saya sangat senang bila penulis tsb pernah/sering melakukan “mencangkok tanaman”. Artinya, penulis tsb menulis artikelnya disertai pengalaman mencangkok. Pengalaman lapangan.

Tapi, kadang ada juga penulis dengan tema mencangkok tanaman di internet, tapi si penulis sendiri belum sekali pun melakukan pencangkokan. Kalau begini kan urusannya bisa wokwow,,,

Beberapa Pelajaran

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagi tulisan ini dalam beberapa pelajaran.

Pelajaran Pertama : Tanaman apa yang harus dicangkok

Kalau urusan ini, akan berpulang kepada diri kita masing-masing. Kita akan mencangkok tanaman yang sesuai dengan keinginan kita. Bila kita ingin punya tanaman buah lengkeng, bila ada tetangga/teman kita yang punya, maka tanaman inilah yang kita cangkok. Atau kita bisa beli tanaman lengkeng kemudian kita perbanyak sendiri.

Saya pun mempunyai keinginan sendiri, bagi saya memilih tanaman sangat penting. Dalam hal ini, saya pun membaginya dalam 2 katagori: pertama, tanaman “prioritas”, dan kedua tanaman “selera”.

Di dalam Al-Quran, penurut praktisi tanaman Muhaimin Iqbal, ada 5 tanaman buah yang banyak disebut dalam Al Quran yaitu Kurma, Anggur, Zaitun, Delima dan tin. ke-5 tanaman buah tsb, saya sudah tanam semua, walaupun dalam skala pekarangan rumah dan pot.

Dari ke-5 tanaman buah tsb, bagi saya probadi, tanaman “prioritas” adalah menanam zaitun, delima dan tin. Sebab dari tanaman zaitun, delima dan tin, selain buahnya, daun-daun dari tanaman tsb bisa dijadikan daun teh. Teh daun zaitun, teh daun delima dan teh daun tin.

tanaman zaitun

Kalau tanaman kurma jelas membutuhkan tempat yang luas. Daunnya tidak bisa dijadikan teh. Demikian pula anggur. Jadi yang saya perbanyak adalah tanaman zaitun, tin dan delima. Dan saya pun memperbanyaknya dengan cangkok dan stek batang

Bagaimana dengan “tanaman selera” tsb, mas nurman?
Bagi saya, tanaman “selera” adalah tanaman yang kita sukai. karena menurut kita, tanaman tsb memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri. Tanaman seperti Jambu air madu medan, belimbing depok, sawo adalah untuk saat ini menjadi “tanaman selera” bagi saya.

Jadi, menurut saya, tanaman apa pun yang akan diperbanyak, itu adalah hak kita. Siapapun bebas menentukan tanaman yang dia suka. Demikian pula teman-teman,,,

Tulisan selanjutnya

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in TANAMAN BUAH. Bookmark the permalink.

9 Responses to MENCANGKOK TANAMAN

  1. aboy says:

    maap bapak sendiri dh prnh mencangkok pak

  2. aboy says:

    maap itu pohon pa ya pak?

      • Jaja says:

        maap dimana aq bs belinya bpk nurman kira2 hrg pasaran brp sih

      • Romy Abrory says:

        uwwwaaah,. dapatkah berbuah dengan baik pohon Zaitunnya pak ?

      • NURMANIHSAN says:

        Di Indonesia, setahu saya, tanaman zaitun sedang dalam pengembangan untuk dapat berbuah. Ada juga yg sudah berbuah walau buahnya kecil.

        Menanam zaitun, selain mengharapkan buahnya, daunnya pun mempunyai manfaat yg luar biasa. Apalagi, tanaman ini dilegitimasi oleh Al-Quran sebagai tanaman yg diberkahi. Oleh sebab itu, lebih berharap pada keberkahan tanaman ini Mas Abror. Tks

      • Romy Abrory says:

        Bagus itu berarti pak, karena sepengetahuan saya Zaitun adalah tanaman yang suka dengan daerah panas. Semoga nanti Zaitun kepunyaan bapak dapat berkembang dengan baik dan beradaptasi di lingkungan Indonesia.

  3. Alhamdulillah saya sudah menemukan petani yang membudidayakan pohon Zaitun di daerah Jonggol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s