MENCANGKOK TANAMAN (2)

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan tanaman apa yang hendak kita cangkok.
Sekarang kita melanjutkan pada pelajaran selanjutnya,,,

Pelajaran Kedua : Fokus ke Batang Tanaman

Setelah kita menentukan tanaman apa yang akan kita tanam, maka sekarang kita fokus kepada tanaman yang nantinya akan kita cangkok. Kita fokus kepada batang-batang tanaman tsb.

Saya ambil contoh saja, tanaman delima.
Saya pernah memfoto tanaman delima hitam milik saudara.
Inilah gambar tanamannya, Perhatikan baik-baik

Batang delima hitam

Batang delima hitam

Batang tanaman yang akan kita cangkok, sebaiknya batang yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Atau sedang dalam masa akselarasi/percepatan tumbuh.

Batang seperti ini sedang mengalami pertumbuhan aktif, sehingga akan lebih cepat mengeluarkan akar. Dan bila nanti ditanam akan cepat tumbuh dan berkembang.

Imajinasi sederhana

Dalam pandangan saya, bila melihat tanaman dengan ragam pertembuhannya, ada yang baru trubus(keluar tunas), ada tunas yang baru tumbuh, ada batang muda, ada yang batang yang muda berwarna kecoklatan, ada batang yang sedang, ada batang tua, dll

Untuk mudahnya, kita perumpamakan saja, atau lebih tepatnya, kita imajinasikan (membayangkan) saja bahwa ragam pertumbuhan batang dengan urutan pertumbuhannya, adalah seperti wanita. Ya seperti wanita. Tepatnya pertumbuhan wanita sejak masih bayi, balita, anak SD, gadis remaja, wanita dewasa hingga nenek-nenek.

Nah, kita yang normal tentu akan memilih gadis remaja, atau setelah itu wanita yang sudah dewasa. Tak bedalah, bila kita ingin mencangkok, kita akan memilih dengan kriteria batang yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Tulisan selanjutnya,,,

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in TANAMAN BUAH. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s