PADI MERAH PUTIH

Kenangan Di Ciamis 2013

Masih teringat di memori saya, kenangan manis silaturahim ke rumah Pak Ali Cantrik, bersama Mas Suli dan Mas Yuri. Setelah iu, kami berkunjung ke tempat Pak Sutar. Di sana kmai jumpai, ada padi hitam lokal yang panjang malainya bisa mencapai 44 cm. Ada padi merah putih. Ada juga padi fatmawati, dll.

Kisah ini pernah saya tulis di dalam tulisan Petani Organik (3), sebagian isinya adalah sbb:

Kalau melihat padi merah putih lewat internet, sudah lama saya ketahui. Tapi melihat langsung gabahnya baru sempat terjadi di saung Pak Sutar.

Saya sempat membuka kulit gabah padi merah putih, kemudian saya lihat bagian dalamnya. Wah betul-betul pas. Bagian merah dan putihnya rata.

Seperti biasa, padi tsb saya foto. Ada 2 padi merah putih yang sudah terlepas dari kulitnya. Dan lagi-lagi, 2 padi merah tsb berada di tangan Pak Cantrik.

Saya pernah merendam padi merah putih, setelah setengan hari, dari kulitnya yang basah sudah terlihat secara samar bagian merah dan putihnya.

Padi Merah Putih

Sebelum ke rumah Pak Sutar, saya sudah pernah mendengar ada padi merah putih. Nah, di rumah Pak Sutarlah, saya pertama kali melihat langsung padi/beras merah putih. Sepulang dari rumah Pak Sutar, saya memperoleh “hadiah”, salah satunya benih padi merah putih.

Setelah kunjungan ke Ciamis, saya ke Cilacap, ke rumah Mas Yuri. Melihat pematang sawah Mas Yuri. Selesai berkunjung Ke Cilacap, saya dan mas suli lanjut ke Kebumen, tempat tinggal mas suli.

Di Kebumen,saya dan mas suli sempat mampir ke kediaman mas pur. Di sana pula, selain melihat koleksi-koleksi padinya mas pur, kami juga sempat melihat benih/gabah padi merah putih.

Tanam Padi Merah Putih

Tak berapa lama pulang dari road show dari Ciamis – Cilacap – Kebumen, saya menanam padi merah putih dari Pak SUtar tsb. Saya menanamnya di pot. Setelah penen, ambil beberapa malainya. Saya penasaran, saya ambil beberapa gabahnya, buka kulitnya. Dari sekian banyak, yang warna merah putih sedikit sekali.

Selain saya, Pak Ali Cantrik juga menanam padi merah putih di pot. Ketika saya konfirmasi, apa yang saya alami, tak berbeda jauh dengan saya. Padi merah putihnya yang dihasilkan malah sedikit sekali.

April 2015

Pada bulan April ini, saya memesan benih padi tertentu dari seorang teman. Setelah pesanan datang, saya pun membukanya. Ternyata, selain padi yang saya pesan, di dalammnya ada beberapa padi yang dihadiahkan kepada saya, salah satunya adalah padi merah putih.

Beras Merah Putih

Beras Merah Putih

Saya ambil sekitar 14 gabah, gabah-gabah tsb saya kupas. Dan hebatnya, ke-14 gabah tsb menjadi beras merah putih semua. Luar Biasa.

Sayangnya, dari sekian banyak gabah/benih padi merah putih tsb, 1/3 nya gabahnya ada sungutnya (bulunya).

Beras Merah Putih

Beras Merah Putih

Kemudian, beras-beras merah putih tsb saya jejerkan supaya rapih

Beras Merah Putih (2)

Beras Merah Putih (2)

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BENIH PADI, BENIH UNGGUL PADI. Bookmark the permalink.

7 Responses to PADI MERAH PUTIH

  1. Rahmat says:

    mas nurman masih ada stok benihnya tidak ? Jadi penasaran padi kok unik kayak gitu ya

  2. Salah satu bentuk kearifan lokal petani Indonesia beserta kekayaan alam Nusantara. Termasuk padi dengan beratus-ribu jenisnya.

  3. benny says:

    Nyari benihmya dimana yg merah putih

  4. Rizky aditya says:

    Kalau cara mendapatkan benih beras merah putih Dan cara penanamannya itu gimana caranya?
    Kalau tahu, mohon beri infomasi pada saya

  5. efendy manan says:

    Maaf pak…..kalau ndak salah padi merah putih ada disentra2x padi organik di seputaran yogya dan jateng…..

  6. indra wijaya says:

    mas Nurman punya info penjual benih padi hitam genjah …. lokasi saya di singosari kabupaten Malang..Tks.

  7. aang says:

    pak,, saya tertarik mencoba menanam padi lokal… dimana bisa mencari bibitnya ya?

Leave a Reply

