PADI INPARI 10 DI TANGERANG

PADI INPARI 10 HASIL PANENNYA BAGUS
Penulis : Nurman Ihsan ( THL TBPP DEPTAN BANTEN )

Tahun lalu, saya memberikan 2 kantong benih padi Inpari 10 kepada 2 petani, Pak Arsan dan Pak Saeman di Kecamatan Cikupa, Tangerang. Masing-masing kantong berisi 5 kg.

Mereka berdua pun menyebar benih Inpari 10 tersebut. Selama masa pembibitan dan masa penanaman, mereka berdua gembira. Sebab pertumbuhan Inpari 10 sangat bagus. Mereka senang melihat tanaman padi di sawahnya tumbuh subur. Hasil panennya pun sangat menggembirakan mereka.

TANAMAN PADI INPARI 10

TANAMAN PADI INPARI 10

sewaktu saya tanyakan apa keunggulan inpari 10 ini, salah seorang diantara mereka berkata,
“bibitnya bagus pak nurman, tanamannya juga sehat”
“bibitnya bagus?”
“iya, baru umur 18 hari dah bisa dipindah pak”
” mang biasanya bagaimana?”
“waktu pake ciherang mah umur 25 baru dipindah, pak”
” kalo sehat bagaimana, pak arsan?”
“senang aja lihat tanaman bagus, nga bosen-bosen ke sawah”

Beberapa waktu kemudian, sewaktu dah selesai panen saya bertanya kembali pada pak arsan.
” bagaimana hasil panennya, pak arsan?”
” selama saya nanam padi, baru kali ini hasilnya paling tinggi”
” betul pak?” saya meyakinkan
” iya, besok semua sawah mau ditanam bibit ini, seneng lihat gabahnya”
” senengnya bagaimana, pak arsan?”
” warnanya kaya emas, kuning banget. pokoknya enak diliat deh”
” petani yang lain mau nanam pak?”
” banyak yang mau tukar buat dijadiin bibit”
” ALHAMDULILLAH, oh ya pak arsan. saya mau kasih inpari 10 ke petani lain”
” saya sudah siapkan, pak nurman”

Saya dapat sekitar 15 kg benih Inpari 10, benih itu saya berikan lagi pada 3 petani. Pak Muslim di Desa Pasir Jaya dan Pak Manat di Gebang, Desa Suka Damai Kecamatan Cikupa. Dan kepada Pak Oom di Kelurahan Duku, Curug.

TANAMAN PADI INPARI 10 DI CIKUPA

Karena musim kemarau, pak muslim dan Oom belum menanan benih Inpari 10 itu. Lain lagi dengan Pak Manat, dia telah menanam benih Inapri 10 itu. Dari proses pembibitan sampai sebelum panen, perkembangan tanaman padinya sangat bagus. Dan hasil panennya begitu menggembirakan keluarga petani tersebut.

Saya dah janji kepada pak manat akan menyebarkan benih inpari 10 ini kepada petani yang lain. Agar kegembiraan petani yang dapat benih ini dapar dirasakan pada petani yang lain.

Ada perasaan gembira bila melihat wajah petani yang hasil panennya tinggi. Dan saya ingin sebanyak mungkin melihat wajah-majah petani seperti itu,,,

About NURMAN IHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

Leave a comment