AYO TUKAR BENIH

Melalui WordPress/blog ini, saya ingin melakukan hal yang berguna dan bermanfaat bagi para pembaca semua, khususnya para petani tercinta.

Cara yang mungkin bisa kita lakukan dan mudah dilakukan adalah melakukan barter benih. Benih apa saja, khususnya benih padi.

Barter adalah salah satu solusi yang bisa kita lakukan. Bila ada petani A yang tanam varietas terbaru, kemudian hasilnya bagus. Dan pada saat yang sama, ada petani B yang tanam benih lain yang bagus.

Pada kesempatan lain, petani B ini ingin tanam varietas terbaru tsb. Maka petani B dapat menghubungi petani A. Bila melalui komentar atau email atau hp maka terjadi kesepakatan adanya barter tsb.

Kemudian petani C ingin ikut juga melakukan hal yang sama, maka petani C ini dapat melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya,,,,

Sehingga,  benih yang merupakan anugrah dari Sang Pencipta yaitu ALLAH SWT akan menjadi berkah tersendiri bagi insan lain. Dan bagi para pemulia benih itu sendiri, ada pahala yang akan dini’mati di dunia dan di akhirat nantinya. Amin

Di era modern ini, di negara maju sekalipun, metode barter sedang trend. Mengapa ? sebab metode  barter ini mempunyai keunggulan dan kelebihan tersendiri.

Bila ada kasus, bahkan banyak kasus, banyak petani yang beli benih kemudian benih tsb tidak sesuai dengan harapannya. Ini bisa jadi benih tsb palsu, kadaluarsa, dioplos, dll. Ini jelas-jelas merugikan banyak pihak.

Nah, barter ini bisa menjadi salah satu solusi bagi kita semua.

41 Responses to AYO TUKAR BENIH

  1. ali says:

    ya q mau cari benih padi BUnda i madrim hub 085790429775

  2. prix_Bwso says:

    kalau ad yg mau tukar benih inpari 20 dengan padi Logawa hub saya. 085258577155

  3. mardi says:

    saya punya inpari sidenuk saya mau tukar benih celebes hunbungi saya 081237313465

  4. Syaiful amin says:

    Mas ali on BSM nya 400 apa 600

  5. afif says:

    saya punya padi barokah dam malaysia (melati) bukan ci melati.sy pingin bibit hasil kaya pak ito sumitro..ada yg bs mmbantu?085279088871

  6. ifa says:

    ada yang punya sintanur?mau dong

  7. iwan w says:

    ÝaΩg punya bibit padi bunda kabari Șäγ̥
    ä juga ya? 085319158698,,,,

  8. suli says:

    Pas kopi darat…..
    Bawa semua benih benih simpanan dan hasil silangannya masing masing, nantinya akan di dapat banyak sekali jenis dan ‘galur harapan’ versi petani.jika di kembangkan akan menjadi koleksi masing masing di rumah.

  9. cantrik says:

    Ada mbak Ifa.. Kalau kebetulan ikut kopdar, besok saya bawakan. Semoga masih ada yang bermalai. Atau mau sy paket?

  10. cantrik says:

    jangan terbatas benih padi pak Suli.. Kacang kacangan, umbi, atau serealia lain boleh lah.. Hehe.

  11. avi says:

    semoga saja ada yg bawa luk ulo,mentik susu,mentik wangi,cimelati,mahesa,dayang rindu,100 malam dll pokoknya varietas yg unik dan langka hehehe :-*

  12. Parwito says:

    Selamat malam teman-teman..saya kemarin dari Bojonegoro juga dapat oleh-oleh padi merah intip, berasnya agak bulat dan masa panenya 100 hari tetapi kebanyakan ditanam sebagai padi gogo. MT berikutnya akan dicoba di sawah karena saat ini sudah ngga ada orang yang menanamnya. Mudah-mudahan saya bisa bawa waktu kopi daratnya.

    Terima kasih

  13. suli says:

    Mas Cantrik….
    wah ini kekurangan saya, selain padi nga punya….la warisannya berupa sawah semua, yang ada tegalannya pas kebagian saudara. makanya di karangan suwung berjubel tu umbi umbian untuk memperkenalkan ke anak anak bahwa bapaknya waktu kecil sudah tidak asing dengan yang namanya uwi,gembili,suweg,ganyong,ketela (cagak lumbung). tanya mbah sutar apa artinya cagak lumbung….

  14. saya ada benih padi INPARI 13 & SIDENUK. Insyalloh sebulan lagi ada banyak stok padi INPARI 19 & BUNDA. Benih tersebut berasal dari panen kelompok tani di desa saya.

    • agus says:

      saya kepingin dong ,daerah saya tdk ada yg unggul,gima cara nukar nih, saya mau bibit inpari 19 atau bunda ,tq no hp.085277554580

  15. Avan says:

    ada yang punya B3? pengen coba tanam
    sy ada inpari19 ss dan BSM
    contact di http://www.facebook.com/sawah.sejutadollar

  16. suli says:

    Teman Patani….
    Bagi teman teman yang sudah membawa berbagai macam benih kemarin (BOYOLALI I), mohon sedikit memberi spesifikasi sifat, anjuran tanam, umur, kadar kepulenan, ketahanan hama dan penyakit dan karakter masing masing (ala petani aja biar mudah)
    Saya dahulukan dulu dengan
    -padi hitam cantrik, umur,bulir,panjang bulir,daun seperti IR64,tinggi seperti ciherang,anakan banyak, sebaiknya tidak memakai pestisida,rasa belum tahu,tidak tahan angin kencang (angin pesisiran),tidak di tanam di musim hujan,tinggi rendah tanaman belum stabil.
    -Padi hitam turunan padi merah aek sibundong,semua sama persis dengan karakter aek sibundong, jika masih memakai urea dianjurkan tidak terlalu banyak (1/3 dosis), agak rentan hawar daun,anakan sedikit,tidak ditanam di musim hujan, rasa nasi pulen,keturunannya masih banyak varian yang muncul berbeda.

  17. cantrik says:

    kalau merah putih mesti tanya ke Agung Sedayu atau Panembahan Senapati ya mas..

  18. avi says:

    hehe merah putih tanya ke batara ismaya atau kyai semar bodronoyo,jd pengen namai varietas padi WEL GEDUWEL BEH TONGTONGSOT

    • suli says:

      wuih mas iku kan gelar petruk sewaktu jadi ratu di suroloyo, mentang mentang sugih hidungnya di kasih cincin,tiap hari memakai batik lengan panjang karena banyak bekas siletan narkoba, dewo dewo di kayangan di larang makan kembang menyan, suruh rokok lintingan dan cerutu, widodari widodari nga usah menari bedoyo, latihan tayub saja,lengger banyumasan.

  19. bagi teman teman yang pengen bibit padi TOYO ARUM silahkan kontak
    081234845191

    • basuki says:

      Y pa minat bnih padi toyo arum 30 kg pa surya, gmn crnya pa? Sy posisi d cirebon pa, mohon pa ksh info. Mksh

  20. Alif klaten says:

    Saya punya bnih logawa klas ss bgi yg punya inpari 17 bsa menghubungi sy di 085229218624

  21. Aan Kamil says:

    Kemarin kopdar gak ada yg ngajakin nih…hufffttt…

    • suli says:

      mas….jane belum terhubung atau sampeyan waktu itu belum muncul di oksigen…kalau ada pasti diampiri sama mas yuri, aku aja nunggu didepan pasar wonokriyo

  22. Zaenuri says:

    minta tolong dong mau cari bibit padi jenis sertani dan hubungi saya Zaenuri telp: 085885350059
    atau email : zaenuri@dagmarshipping.com

  23. yatno says:

    salam petani………
    mohon saudaraku sudilah memberi info dimana cara saya mendapatkan benih inpari yg baik, dan jenis inpari yg mana yg baik , trim, yatno papahan, tasikmadu karanganyat jateng

  24. endhonk kunciro says:

    Saya ada bibit padi.IF8.galur padi IPB3S,galur padi IPB 4S dr pemulianya sendiri bpk prof hajrial noor.dan juga bibit padi LENTERA dr pemulianya bpk Ir SUPARNO

    • johan says:

      bapak kalau benih if 8 di tempat bapak 1hek menghasilkan berapa ton?diantara benih benih di atas yang sudah bapak sebutkan hasil yang paling banyak benih yang mana?trimakasih atas infonya salam handoko 085867671666.di musim penghujan ini enaknya nanam benih apa?

    • Romy Abrory says:

      Boleh tau nomer jenengan Pak ?

  25. naji says:

    bagimana hasil dari ipb 3s?

  26. johan says:

    mas saya ingin mencoba benih IF8 semisal diantara rekan rekan ada yang punya tolong saya di hub ke no 085867671666

  27. endhonk kunciro says:

    Nunut gabung donk buat smuanya salam kenal aja

  28. efawas says:

    Saya lagi mencari benih Toyo arum adakah rekan” yang pernah tanam?

  29. ilyas says:

    assalamu’alaykum
    mas,,saya mau minta solusi n pncerahan sma mas nurman dan teman2 d sini tentang masalah padi
    saya sangat prihatin dg keadaan pertanian d tempat kami ,,sebab budaya d tmpat kami ini dri dulu smpai sekarang kalau untuk lahan tidak prnah pakai bajak/keruk pakai mesin tractor,,karna keterbatasan alat dan waktu,,jadi lahan d tempat kami ini tdk pernah d olah dan untuk pengairan pn tdk ada jdi sawah d tmpat kami tdk ada genangan air sedikit pun kecuali musim hujan,,itupun hanya sebentar saja genangan airnya,,
    dan untuk varietas d tmpt kami pun tdk brubah2,, yg untuk 1 hektarnya cuma dpt gabah 2 ton lebih saja,,jadi saya mohon sama mas mas smuanya untuk memberikan solusi untuk petani d tmpat kami dan untuk lahan sperti d tmpat kami,,jenis varietas apa yg cocok???
    untuk semuanya saya ucapkan terima kasih dan saya tunggu pencerahan nya

    wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s