KLASIFIKASI BENIH PADI

KLASIFIKASI BENIH atau BIBIT PADA TANAMAN PADI
 Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Ke BB Padi Subang

Suatu ketika, saya, beberapa rekan THL dan pengurus poktan pernah ke Balai Besar Padi di Sukamandi, Subang. Wakti itu sedang ada open house di BB padi. Di sana, kami melihat dan menyaksikan secara langsung proses penanaman padi yang sangat luas.

Sambil naik mobil yang disediakan gratis oleh Balai Besar, saya keliling melihat beragamnya varietas padi. Ada banyak tanda, tulisan dan varietas padi yang saya perhatikan. Dengan seksama saya perhatikan dan saya amati, bathin saya: ini adalah satu satu cara untuk mendapatkan jenis-jenis benih padi.

Padi Berlabel

Sewaktu pulang, para ketua poktan mendapatkan benih Inpari-10 dari BB Sukamandi. Benih itu berlabel Biru. Apakah artinya ini?

Secara umum, pembagian jenis benih pada tanaman padi ada 4 jenis. Ini bisa kita sebut dengan Klasifikasi Benih Padi, antara lain :

1. Benih Penjenis (Breeder Seed). Benih varietas unggul yang dihasilkan atau diciptakan oleh para pemulia tanaman. Jumlah Benih Penjenis (BP) masih sangat murni dengan jumlah terbatas. Sehingga BP ini secara langsung mendapatkan perawatan serta pengawasan dari para pemulia. BP ini berlabel KUNING. Supaya mudah diingat maka kita pakai kata kunci, Jenis Pertama Kuning.

2. Benih Dasar (Foundation Seed). Benih Dasar ini merupakan F-1 dari BP. Benih Dasar ini masih mendapatkan perlakuan sedemikian rupa sehingga kemurnian sifat – sifat genetiknya tetap tinggi. Pengawasan penanaman dan pertanamanBD masih dilakukan langsung oleh para pemulia dan ahli perbenihan. BD ini berlabel PUTIH. Supaya mudah diingat maka kita pakai kata kunci, Dasar 2 Putih.

3. Benih Pokok (Stock Seed). Benih Pokok ini merupakan F-1 dari BD . BD ini diperbanyak dengan sebaik-baiknya supaya dapat dijaga tingkat kemurnian genetiknya. Benih Pokok ini berlabel UNGU. Supaya mudah diingat maka kita pakai kata kunci, Pokoknya Ungu ke-3.

4. Benih Berlabel/Sebar (Extension Seed). Benih ini merupakan F-1 dari BPk (Benih Pokok). atau kadang terjadi BB ini perbanyakan langsung dari Benih Dasar. Biasanya BB inilah yang disebarkan kepada konsumen atau dibagikan pada para petani dalam rangka mensosialisasikan suatu benih bermutu. BB ini berlabel BIRU. Supaya mudah diingat maka kita pakai kata kunci, Label Biru.

Benih Sebar

Dengan mengetahui klasifikasi benih padi ini, maka kita akan mengetahui bahwa benih yang didapat para poktan tsb adalah Benih Sebar. Sebab berlabel biru.

Benih Sebar inilah yang akan ditanam para poktan untuk dijadikan benih lagi beberapa musim berikutnya. Diharapkan dengan adanya benih padi yang didapatkannya, maka benih tsb dapat disebarluaskan kepada petani lainnya. Sehingga penyebaran benih padi terbaru dapat dirasakan manfaatnya kepada petani lain. Aminn.

About NURMAN IHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BENIH PADI. Bookmark the permalink.

11 Responses to KLASIFIKASI BENIH PADI

  1. rz says:

    kok gak ad yang jual BP ya pak di poktan

    • NURMANIHSAN says:

      Setiap benih yg dikeluarkan ada prosedurnya. Ada penangkar-penangkar yg ditunjuk. Kemudian, ada lembaga-lembaga yg mengawasinya.
      Nah, untuk tingkat poktan, biasanya yang beredar adalah benih label biru ( kadang jg label ungu ).

  2. efendy manan says:

    Kalau BP memang dijual hanya pada penangkar Utama yang mempunyai klasifikasi untuk menghasilkan Benih FS pak.Jadi tidak sembarang penangkar….oya Mas Nurman boleh koreksi sedikit?BENIH PENJENIS BERLABEL KUNING DAN BENIH DASAR BERLABEL PUTIH pak….trims

  3. hanif says:

    pak ihsan.
    eh lupa, asalamualaikum pak ihsan…
    saya barusan beli benih mekongga yang labelnya merah dgn harga 55rb per 5kg.
    kluaran dari pertani.
    kok kertas labelnya merah ya dan tulisan di lebel adalah benih pokok.

    wassalam…

  4. hanif says:

    eh salah pak, warna ungunya agak terang jadi kukira warna merah

  5. Petani Kecil says:

    Sekarang penggunaan label warna telah berubah pak,… Sebetulnya sih sejak tahun 2009,… Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/704/

    Haturnuhuun,….

  6. Romy Abrory says:

    Fungsi dari pembagian benih itu apa yaa ?
    Kan sama sebenarnya dengan Fo (Induk) F1 (turunan pertama), F2 (turunan kedua) dst, asal kemurniannya terjaga.

  7. efendy manan says:

    fungsi pembagian kelas benih adalah utk memberikan identitas pada benih dan keturunannya…sehingga kita tahu benih itu sdh keturunan keberapa dr benih induknya…utk kelas benih F1 itu biasanya digunakan utk benih hibrida sedangkan utk inbrida menggunakan kelas benih BS (Breeder Seed),FS (Foundation Seed),SS (Stock Seed),ES (Extention Seed)…

Leave a comment