VARIETAS PADI DARI BALAI BESAR (BB) BENIH PADI SUKAMANDI

BENIH PADI YANG DILEPAS BALAI BESAR SEJAK TAHUN 2005
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN)

Dalam lima tahun terakhir BB Padi telah merilis 32 varietas unggul baru dengan berbagai keunggulan. Sejak tahun 2008, penamaan varietas unggul baru (VUB) tidak lagi mempergunakan nama sungai, tetapi mengikuti penamaan padi hibrida yang telah memakai Hipa (Hibrida padi). Penamaan VUB untuk ekosistem sawah irigasi memakai nama Inpari (Inbrida Padi Irigasi), ekosistem rawa memakai nama Inpara (Inbrida Padi Rawa), dan lahan kering memakai nama Inpago (Inbrida Padi Gogo).

Adapun rincian per tahunnya dalah sbb :

Tahun 2005  ada 1 yaitu Ciasem

Tahun 2006 ada 2 yaitu Sarinah dan Aek Sibundong

Tahun 2007 ada 3 yaitu . Hipa 5 Ceva dan Hipa 6 Jete

Tahun 2008 ada 9 yaitu Inpara 1, Inpara 2, Inpara 3,  Inpari 1,  Inpari 2, Inpari 3, Inpari 4,  Inpari 5 Merawu dan Inpari 6 Jete

Tahun 2009 ada 8 yaitu Inpari 7 Lanrang, Inpari 8, Inpari 9 Elo,  Inpari 10 Laeya, Hipa 7, Hipa 8 Pioneer, Inpara 4 dan  Inpara 5

Tahun 2010 ada 10 yaitu Inpari 11, Inpari 12, Inpari 13, Hipa 9, Hipa 10, Hipa 11, Inpago 4, Inpago 5 , Inpago 6  dan Inpara 6

Tahun 2011 ada 7 untuk Padi Sawah yaitu Inpari 14- Inpari 20

Sumber : Litbang.Deptan

About NURMAN IHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in BENIH PADI. Bookmark the permalink.

26 Responses to VARIETAS PADI DARI BALAI BESAR (BB) BENIH PADI SUKAMANDI

  1. siswoyo says:

    inpari 14 dan 15 apa cocok ditanam didaerah sawah tadah hujan ,apa keunggulannya dari varitas lain dan cocoknya utk ditanam dimana

    • efendy manan says:

      met siang pak siswoyo…
      saya juga lg uji coba inpari 14 -21 pak di lahan sawah saya…sekarang umur 10 hst.nanti kita sama2 lihat perkembangannya..oya pak HP saya 081-336828357.
      Trims Efendy-pasuruan jatim

  2. Darus says:

    saya berniat untuk bertani, tapi kira2 kendala apa saja yang akan saya temui apabila benih padi sudah ditanam ataupun padi sudah hampir siap di panen ?? Bagaimana cara penanggulangannya ?? Terima kasih

  3. wirawan says:

    saya ketua hippa desa junjung kondisi tekstur tanah subur jarak tanam rata2 27,5 cm tapi sebagian sekitar 30 ha terkena ambles perkiraan benih apa yang cocok pak

  4. NURMANIHSAN says:

    Trima ksh Pak Wirawan sbg ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Junjung.
    Dng tanah subur dan jarak tanam 27,5 cm sudah bagus untuk tanaman padi.
    Bisa dijelaskn terkena ambles ciri2nya apa? trim
    Sebaiknya sbg petani harus mengetahui jenis2 varietas terbaru yg dikeluarkan BB padi. Seperti Inpari 1- 20. Atau yg dari BATAN sprt Bestari, Inpari sidenuk, dll.
    Makin kita menngunakan benih varietas terbaru, tingkat keberhasilan panen makin tinggi sebab punya karakter yg blm dikenal hama/penyakit.

  5. suli says:

    Selamat malam semua….
    Teman para petani, saya habis panen MT2 inpari 4 dan shogun, inpari 4 dari 1400 m2 di dapat 1142 kg GKP dan pada petak lain seukuran sama 1250 kg GKP. padi shogun teman teman ada yang tau nama varietasnya apa, soalnya benih padi tersebut saya dapat dari petani karawang. Sebagian petani bilang shogun gulabed. saya berani menanam karena di ajak saudara menikmati nasinya. dan sudah dua musim ini saya tanam.

  6. zainal says:

    izin pak bila bpk tidak keberatan sy mau simpan email bpk, yg sy dpt dblog ini.

  7. surianto says:

    saya jd bingung pak, dari sekian byk inpari, kira-kira yg paling baik untuk ditanam yg mana ya pak? mohon penjelasan.

    • NURMANIHSAN says:

      jangan bungung mas surianto,
      Varietas Inpari banyak dikeluarkan sama pemerintah, agar kita bisa memilih varietas yan cocok ditanam di daerah kita. Bisa disebut, spesifik lokasi.
      Coba cari info di daerah bapak. Inpari mana yg cocok. Baru setelah itu, kita tinggal menanamnya.
      Kalau di daerah tangerang banten – inpari 4,10,13 cocok shg inpari tsb direkomendasikan di tanam di daerah tsb

  8. Pramono says:

    Salam kenal, saya mahasiswa fakultas pertanian univ merdeka madiun.
    saya cuma ingin sharing sedikit ttg inpari di wilayah saya khususnya karisidenan madiun.
    mayoritas disini menanam Inpari4, inpari7, inpari10,Inpari13,. karena dr beberapa kasus d lapang, lebih tahan blast daun dan blast leher,. dari segi bulir hampa, inpari4 dan inpari13 lbh bnyk dibandingkan inpari7 dan inpari10. sedangkan untuk 2 musim tanam terkahir inpari13 dgn karaktersitik daun bendera yg tinggi dan lebar, mnjdi mudah terkena penyakit blast daun maupun blast leher, selain itu karena inpari 13 termasuk sekam tebal, mengakibatkan penolakan dari bnyk petani karna memiliki rendemen yg rendah setelah di selep mnjd beras.

    semoga dapat menjadi info untuk semuanya.
    trm ksh.. (Pramono) ^_^
    email n FB : golden_lotus@rocketmail.com

    • NURMANIHSAN says:

      Trima kasih, mas pramono
      Memang benar, untuk inpari sepengatahuan saya, di berbagai daerah inpari yg mas sebutkan termasuk disukai/ditanam oleh sebagian besar petani.
      khusus untuk inpari 13, selain tingkat rendemen yg rendah, inpari 13 susah digebot. Jd harus dirontokkan dng mesin perontok padi (power thereser).
      Dari banyak kasus petani yg menanam inpari 13, pada musim berikutnya mereka tak menanam lg inpari 13. dengan alasan tsb di atas.
      Dengan info-info seperti inilah, kita akan dapat informasi yang berguna buat kemajuan pertanian di indonesia.

      • indhyanto says:

        Saya mau mejlaskn yg di atas tentang padi amles,,cir2ny pdi semakin lma semakin memendek,,,untuk itu saya mohon pnjelsanya,,untuk msalah faktor lahan saya kira tidak bermasalah,ini terjadi di daerah karang agung ilir kec.banyuasin2 palembang,bnyk petni yang mengeluh karna ini,,

    • santo gugat says:

      mas pramono pnya info soal varietas rawa jabung ndak?

  9. suli says:

    Saya baca komennya pak wirawan, sayang tidak kasih kabupatennya, sawahnya subur ukuran tanamnya udah 27 cm, namun kena ‘ambles’ apa ya….saya cuma bisa kira kira aja, tanaman bapak kena hama penggerek batang, gejalanya dari awal persemaian, memang kalau tetap ditanam kebanyakan orang bilang bisa pulih tapi tidak seragam, banyak dalam satu rumpun nantinya yang kena sundep, dari jauh seperti kena tikus, setelah didekati tunas layu tandanya didalam sudah ada ulat(sangat kecil), jika di biarkan sebagian yang tidak kena lambat bunting dan keluar malai sangat pendek hampir seperti singgang.
    Langkah antisipasi selanjutnya, bisa tanyakan ke kios saprotan permasalahan tersebut di atas, tentang harga sesuaikan dengan kantong kita, banyak sih tapi bukan tugas saya memberikan nama nama obatnya.
    Jika benar seperti diatas….tidak ada tanaman padi yang tahan hama penggerek batang, hanya kita yang bijak dalam memilih pestisida, harga yang murah belum tentu ramah lingkungan, sebaliknya harga yang tinggi mungkin uji dampak lingkungan yang mahal dan lama.ingat kasus dieldrin (zaman awal revolusi hijau) yang murah tapi meluluh lantakan ikan seisi sawah, seisi jagat yang bernama pertanian.

  10. ainur rofiq says:

    Salam kenal buat mas nurman,
    kalo boleh tau brp no hp nya mas?
    Rofiq banyuwangi
    thanks

  11. Bapak Nurman maaf saya mau bertanya, kalau saya ingin membeli VUB INPAGO 5 dimana ya?
    terkait penelitian apakah sudah banyak yang meneliti mengenai INPAGO 5? Dilihat dari deskripsi Varietas padi yang saya baca di Buku terbitan BB Padi itu bagus (sepertinya), Jenis-jenis padi gogo banyak, dari ke 12 jenis padi itu, menurut bapak yang baik yang mana (Terkait penelitian)? Maaf sebelumnya dan terimakasih..

  12. wahid susanto says:

    pak saya dari kediri.jenis inpari berapa yang cocok untuk musim penghujan.

  13. ardi says:

    BEnih padi yang berlabel produksi RKM dari madiun itu alamatnya dimana dan di nomer telepon berapa saya bisa menghubunginya

  14. lantasu says:

    pak nurman sy mw bertanya, antara impari 4 dan impari 9 mana yang lebih banyak hasilnya dan mana yang lebih pendek umurmya? Trimakasih atas jawabanya.

    • NURMANIHSAN says:

      kalo dilihat dari potensinya, inpari 9 lbh tinggi dari inpari 4.
      realita dilapangan, jarang yg tanam inpari 9 pak. mungkin karena gabahnya kecil 1000 butir (23,3 gram).
      klo inpari 4, bnyk yg tanam dan daya adaftasinya bagus diberbagai tmpat. dan jg di tiap musim tanam.
      sedangkan bila dilihat dr segi umur, inpari 4 sekitar 115 hss, sdngkan inpari 9sekitar 125 hss. tks

  15. Amma says:

    Pak saya di Trenggalek Jawa timur, mohon info untuk mendapatkan benih Inpari 6 jete dimana untuk jawa timur, mungkin ada no.tlp yang bisa dihub. tks

  16. nanda pradana says:

    Saya nanda pak dari Desa Bumi Ratu Nuban,Kab Lampung Tengah, Saat ini saya tertarik dengan penangkaran padi lokal, kira2 padi apa yg cocok yg baik dengan kondisi lahan irigasi, pH 5-6,7 suhu cuaca siang hari 30-35 derajat, mohon info dan bantuan nya pak, ini alamt email saya nanda_pradana98@yahoo.com

  17. Saepul qital says:

    Saya ingin alamat lengkap daerah sukamandi

Leave a comment