MOL BUAT IKAN

MOL DAN KEGEMBIRAAN IKAN
 Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Setelah menulis prinsip dasar cara pembuatan MOL, kemudian MOL juga bisa dijadikan sarana penguras sepiteng kita. Maka, kini giliran ikan yang kebagian fungsi dari MOL ini.

POC/MOL bagi Dunia Perikanan dan Peternakan

Bila melihat beragam POC yang dijual, biasa peruntukannya tak hanya terbatas pada dunia pertanian saja. Dunia perikanan dan peternakan juga bisa memanfaatkan fungsi dari POC/MOL ini.

Untuk dunia perikanan, biasanya POC/MOL ini digunakan/aplikasikan ke dalam airnya. Sehingga MO yang menguntungkan, yang ada di dalam air dapat berkembang biak dengan baik. Ujung-ujungnya, ikan yang ada di kolam/tambak tsb sehat.

Begitu juga dengan dunia peternakan. Dengan memanfaatkan POC/MOL ini pertumbuhannya ternak akan semakin sehat. Bukan itu saja, kotoran yang dihasilkan dapat mengurangi bau yang dikeluarkan.

MOL dan Ikan

Bila kita punya kolam/empang/dll, coba buat alat yang terbuat dari apa saja. Intinya, di atas kolam/empang/dll  bisa diletakkan MOL pada wadah/nampang di alat tsb.

Untuk apa?

Setelah kita letakkan MOL tsb, biasanya tak lama kemudian akan datang lalat. Apa lagi kalau bukan untuk meletakkan telur-telurnya. Sebab MOL adalah nutrisi tingkat tinggi. Kandungan MOL begitu kaya akan beragam hara, Mikro Organisme, ZPT, dll.

Hasilnya: akan muncul banyak ulat/belatung. Belatung-belatung tsb akan berukuran jumbo, sebab makananya adalah MOL. Karena itu, yang namanya belatung, ya akan bergerak ke sana ke sini. Dan akhirnya akan jatuh ke dalam kolam/empang/dll tsb.

Belatung-belatung yang jatuh inilah yang menjadi santapan para ikan. Jelas, para ikan akan bergembira bila banyak belatung yang jatuh. Mereka mengira: belatung-belatung tsb jatuh dari “langit”.

Betul, tujuan dari peletakkan MOL tsb adalah mendatangkan lalat, membesarkan belatung dan memberikan santapan buat ikan kita.

Kalau kolam/empang/dll tsb besar, maka tempat untuk meletakkan MOL tsb bisa lebih dari satu.

Menurut saya, cara ini sangat efesien untuk mengurangi lalat yang ada di sekitar lingkungan kita.

MOL memang luar biasa,,,,

About NURMAN IHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in MOL. Bookmark the permalink.

5 Responses to MOL BUAT IKAN

  1. martono says:

    asslm pak Nurman mol untuk pakan ikan mas burayak apa bahan2nya pak?sy mau memanfaatkan kahan sawah menunggu masa tanam padi.sawahnya mau diisi ikan mas ukuran 1lt isi 5000 ekor.mohon informasinya pak.wass

    • NURMANIHSAN says:

      wslm, wah kalo urusan ikan saya masih awam pak. apalagi untuk burayak ikan mas.
      setahu saya, untuk kolam2 tertentu, MOL keong bagus untuk mengundang lalat. nah, lalat2 ini akan meletakkan belatung2 akan jatuh (krn diletakkan di atas kolam). jadi para belatung2 tsb akan menjadi makan tambahan bagi ikan2 tsb. tks

  2. Nerri pananrang says:

    Terima kasih postingx, sgt bermanfaat

  3. kopal says:

    Assalamualaikum pak, ikut gabung.
    Sekalian mau nanya, buah mengkudu bisa dibuat mol ga pak?
    Kalo bisa, hara makro apa yg dikandung?
    Makasih sebelumnya pak.

  4. NURMANIHSAN says:

    Wa alaikum salam

    Pada umumnya setiap buah2an bisa dijadikan MOl. Begitu juga buah mengkudu.
    Kalo kita lihat kandungan dan manfaat dari buah mengkudu maka akan kita dapatkan antara lain

    *Zat anti bakteri : Adanya zat-zat aktif pada sari buah mengkudu sangat berguna untuk mematikan bakteri sebagai penyebab infeksi, misalnya adalah Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis. Zat anti bakteri yang terda[at dalam kandungan buah Mengkudu tersebut juga berguna untuk mengontrol bakteri pathogen ( bakteri yang mematikan) seperti S . typhi, Salmonella montivideo, S . scotmuelleri.

    *Melawan kuman. Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.
    Sumber : http://jateng.dompetdhuafa.org/kandungan-dan-manfaat-buah-mengkudu/

    Dari uraian diatas, menurut saya, MOL buah mengkudu selainnya fungsinya buat MOL, baik juga buat mengendalikan penyakit pada tanaman. Tks

Leave a comment