FUNGSI SULFUR ( S ) ATAU BELERANG BAGI TANAMAN

FUNGSI BELERANG BAGI TANAMAN
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Unsur Sulfur dalam Pupuk

Bila kita mengenal pupuk ZA, maka di dalamnya terdapat kandungan unsur N dan S. Unsur Nitrogennya sebesar 21 % dan Sulfur ( belerang ) sebesar  24 %. Artinya apa? kandungan Sulfurnya kok bisa lebih tinggi dari N nya.

Selain dalam pupuk ZA, unsur belerang terdapat dalam pupuk Ponska ( 15 15 15 10 ). Artinya di dalam pupuk ponska ada sekitar 10 % unsur sulfurnya.

Fungsi Sulfur Bagi Tanaman

Oleh sebab itu, marilah kita mengenal fungsi Sulfur ini bagi tanaman. Unsur Sulfur yang lebih dikenal dengan nama Belerang diserap tanaman  dalam bentuk ion sulfat (SO4=). Zat ini merupakan bagian dari protein yang terdapat dalam bentuk cystein, methionin, thiamine.

Adapun fungsi umum sulfur sbb :

  1. Membantu pembentukan butir hijau daun sehingga daun menjadi lebih hijau.
  2. Menambah kandungan protein dan vitamin hasil panen.
  3. Meningakatkan jumlah anakn yang menghasilkan (pada tanaman padi).
  4. berperan penting pada proses pembulatan zat gula.
  5. Memperbaiki warna, aroma, dan kelenturan daun tembakau ( khusus pada tembakau omprongan).
  6. Memperbaiki aroma, mengurangi penyusutan selama penyimpangan, memperbesar umbi bawang merah dan baeang putih. http://banyuagung.wordpress.com/2009/07/30/fungsi-pupuk-za-bagi-tanaman-kita

Sebagian besar sulfur di dalam tanah berasal dari bahan organik yang telah mengalami dekomposisi dan sulfur elemental ( bubuk/ batu belerang ) dari aktivitas vulkanis. Sulfur yang larut dalam air akan segera diserap tanaman, karena unsur ini sangat dibutuhkan tanaman terutama pada tanaman-tanaman muda.  http://pustaka.rumahilmu.or.id/pendidikan.

Fungsi Sulfur Bagi Tanaman Padi

Belerang ( sulfur) pada padi diperlukan untuk sintesis asam amino sistin, sistein, dan metionin, yang selanjutnya membentuk protein. Selain itu belerang sangat membantu perkembangan pucuk, akar dan anakan.

Padi sawah yang mengalami kekurangan belerang umurnya lebih panjang dengan persentase kehampaan gabah yang tinggi, untuk mengatasi kekahatan belerang pada padi, perlu dilakukan upaya perbaikan kualitas dan produktivitas tanah melalui pemberian pupuk anorganik dan pupuk organik.

Salah satu sumber S anorganik yang baik untuk padi sawah adalah pupuk amonium sulfat [(NH4)2SO4] karena dapat memasok S yang tersedia bagi tanaman, yaitu sulfat (SO42-). http://blogs.unpad.ac.id/emmasofyan

BILA TANAMAN KEKURANGAN UNSUR HARA BELERANG, MAKA:

  1. Produksi protein tanaman menurun, pertumbuhan sel tanaman kurang aktif.
  2. Terjadi penimbunana amida bebas dan asam amino sampai batas yang berbahaya bagi tanaman, terjadi kerusakan aktifitas fisiologis dan mudah tererang hama dan penyakit.
  3. Produksi butir hijau daun menurun, proses asimilasi dan sintesis karbohidrat terlambat, tanaman mengalami klorosis / kekuningan, dan hasil panen rendah.

Oleh sebab itu, pupuk ini diberikan pada tanaman padi dalam masa vegetatif atau tanaman yang hasil panennya di daun seperti bayam, sawi dll.

Pada suatu kesempatan, saya pernah bertanya pada petani sawi organik, ” kok sawi ini rasanya enak pak?”. Dijawabnya,” kalo untuk pupuk, saya nga pake urea, tapi pake pupuk ZA saja”.

About these ads

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in PEMUPUKAN. Bookmark the permalink.

12 Responses to FUNGSI SULFUR ( S ) ATAU BELERANG BAGI TANAMAN

  1. Undang Abdurrahman says:

    As.w.w. Tolong pak, pada saat mana sebaiknya pupuk ZA diberikan pada tanaman padi. Tks

  2. Zainal says:

    Selamat mlm pa,

  3. Washadi says:

    Pak…pd tanaman jagung manis waktu aplikasi pemupukan yg ke berapa ZA diberikan

  4. Toha says:

    Pak sya tertarik dg artikel bpk.sy mau tanya knp tiap musim panen tanaman padi roboh ,padahal pemberian pupuk cm 150kg urea/ha.ponska 150 kg/ha,tsp 50 kg/ha ini gak musim hujan gak kemarau ttp ada yg roboh ,gmn cr mengatasi pak .,utk pengairan lancar gak kurang .tp dlm pengolahan tnh dlm kaya rawa pak tp,kemarau gak dlm ttp roboh tks ,petani karawang timur

  5. suggeng says:

    saslm….coment saya kok gk di muat pa???k.tr

  6. busa'i says:

    pak kalau langsung belerang yang saya beli dipasar bisa tidak dipakai ditanaman padi kalau bisa gimana caranya

  7. sutarto says:

    pak kalau langsung belerang yang saya beli dipasar bisa tidak dipakai ditanaman padi kalau bisa gimana caranya???

  8. efendy manan says:

    Ngikut sharing mas Nurman….
    Pak Sutarto,jika kita menggunakan belerang yang ada di pasar untuk tanaman kita akan berefek negatif pak..hal itu disebabkan belerang (S) di pasar/toko bangunan itu masih dalam bentuk mentah sehingga bisa bersifat racun pada tanaman/tanah.sedangkan sulfur yang terkandung dalam ZA /NH4 2 SO4 merupakan turunan dalam bentuk anion sulfat yang bisa diserap oleh akar tanaman.

  9. sutopo says:

    MAAF PAK SETAHU SAYA PUPUK ZA diperuntukan tanaman perkebunan,contoh tebu,krn kadar s yg tinggi bisa membuat tanah jadi asam..berdasarkan pengalaman saat jalankan bajak sawah,tanah yg dikasih za tanahnya lengket,klo bahasa sini keplak tarikan mesin pun berat…yg tdk dikasih za tanahnya licin tarikan mesinpun ringan…itu pengalaman pribadi saya mas..unsur s sudah ada pd phoska 10% dan sp 36 sebesar 5 % mungkin dah cukup..itu pendapat pripadi pak dan hasil tanya org perkebunan.maaf

    • sugiyono says:

      untuk lebih jelas dan bijak mari kita ngobrol dengan saya sugiyono hubungi di 0813 196 29006 saya tunggu pak sutopo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s