KEBUTUHAN PUPUK PADI PER HEKTAR

MACAM-MACAM PUPUK UNTUK TANAMAN PADI
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Setelah bergelut dalam hitung menghitung pupuk untuk tanaman padi per hektar maka saya dapatkan berbagai variasi di dalam jumlah dan jenis pupuk yang diberikan.

Jadi, para petani atau siapa saja bisa memakai sesuai dengan kondisi pupuk yang tersedia. Dengan demikian, kita mempunyai pilihan untuk mengaplikasikannya.

Kandungan 1 karung pupuk NPK ( didalamnya ada pupuk tunggal )

1 karung NPK Kujang : terdapat 32,6 kg Urea, 8,33 kg SP36 dan 6,66 kg KCL.

1 karung NPK Ponska : terdapat 16,3 kg Urea, 20,5 kg SP36 dan 12,5 kg KCL.

1 karung NPK pelangi : terdapat 21,73kg Urea, 13,89 kg SP36 dan 8,33 kg KCL.

100 kg TSP = 128 kg SP-36

Adapun jenis dan jumlahnya sbb :

= 250 kg urea + 100 kg TSP + 75 KCL

= 200 kg urea + 110 kg ZA + 100 kg TSP + 75 KCL

= 150 kg urea + 220 kg ZA + 100 kg TSP + 75 KCL

= 250 kg urea + 128 kg Sp-36/TS-36 + 75 kg KCL

= 250 kg urea + 256 kg SP-18 + 75 kg KCL

= 300 kg NPK ponska + 150 kg urea

= 200 kg NPK ponska + 182 kg urea + 41 kg SP36 + 25 kg KCL

= 100 kg NPK Ponska + 215 kg Urea + 82 kg SP36 + 50 kg KCL

= 300 kg ponska + 100 kg urea + 110 pupuk ZA

= 300 kg ponska + 50 kg urea + 220 pupuk ZA

= 300 kg ponska + 330 pupuk ZA

= 300 kg ponska + 150 npk kujang

= 300 kg ponska +  50 npk kujang + 100 kg urea

= 300 kg ponska +  50 npk kujang + 220 kg ZA

dll

Sebetulnya masih banyak variasi kebutuhan pupuk baik tunggal maupun mejemuk untuk tanaman padi. Yang terpenting adalah tercukupinya hara makro N, P dan K per hektarnya. Kalau dalam bahasa lugasnya : yang penting isi bukan merk dan jumlah.

Dalam lain kesempatan mungkin akan saya tambah variasi di atas. Semoga,,,

About NURMAN IHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in PEMUPUKAN. Bookmark the permalink.

33 Responses to KEBUTUHAN PUPUK PADI PER HEKTAR

  1. tarmuji says:

    moga bermanfaat karena baru kali ini menanam padi

  2. rosmania says:

    Pak nurman yth.saya punya lahan sawah 30 are,. Jenis dan jumlah aplikasi pemupukan yg cocok utk lahan sawah irigasi tsb.

  3. Aan says:

    Pak saya punya sawah 1/2 bahu (kurang lebih 3500 m2) biasanya saya pakai pupuk urea : 150 kg , sp36 : 50 kg serta NPK PHONSKA : 50 kg yang saya ingin tanyakan
    1. apakah cukup dosis pupuk tersebut untuk sawah saya 2.apabila saya tidak pakai pupuk kandang berapa jumlah yang ideal untuk sawah saya
    terimaksih atas jawabannya…

    • NURMANIHSAN says:

      Secara umum dosis per hektar bila pakai NPK ponska dan Urea adalah 300 kg ponska + 150 kg urea.
      jadi :
      1. Kalau 3500 m2 sekitar 110 kg Ponska + 60 kg urea atau setara dng 110 kg ponksa + 130 ZA.
      Coba pakai 110 kg ponska + 120 ZA kalau mau tambah 50 kg SP36 silahkan
      aplikasi 1 : 60 kg ponska + 50 kg SP36
      2 : 50 kg ponska + 60 kg ZA ( atau 25 kg urea )
      3 : 70 kg ZA ( atau 35 kg urea )
      2. Menurut saya pake pupuk kandang adalah keharusan min sekitar 350 kg/3500 m2.
      Lbh bagus lg jerami padi panen kemarin dikembalikan lagi ke sawah.
      Pupuk kandang dan jerami adalah cara praktis membuat tanah sawah sehat. Bila tidak maka tanah sawah mba Aan akan sakit.
      Tanah sawah adalah tempat pertumbuhan tanaman, bila tanahnya sehat maka tanaman akan sehat pula.

    • Abu Shafiyya says:

      Mas Nurman, di daerah ane pupuk kandang dlm julmah besar susah didapat. kalo disubtitusikan dengan petroganik gimana?
      brp dosisnya /ha untuk pengolahan tanah awal?

  4. zainal says:

    informasi yang sangat lengkap dan sangat bermanfaat bagi petani. tdk sia2 sy singgah di blog ini.trims

  5. Supeno says:

    Pagi pak Nur,

    Saya petani padi pemula di Kadulambur, Pandeglang, Banten.
    Saya pensiunan yang melanjutkan hidup sebagai petani, jadi minim pengetahuan dan nihil jam terbang, yang ada motivasi untuk cinta lingkungan dan semangat hidup saja.
    Saya mengadopt budidaya padi dengan metode SRI, dan memberikan jerami yang sudah diolah dengan aktivator PROMI, menjadi pupuk kompos pada -4, 25 dan 45 HST.
    Sedangkan untuk unsur hara mikro, saya semprot dengan POC NASA pada 15, 30 dan 45 HST.
    Apakah hal ini mencukupi agar mendapatkan hasil yang optimal ? Apakah perlu pupuk kimia seperti KCL lagi ?
    Saya keteter dalam hama walang sangit, sehingga terpaksa memakai pestisida kimia ( pestisida NASA tidak mempan ).
    Saya dapat dihubungi lewat email
    Mohon arahan bapak, dan terima kasih.

    Salam,

    Supeno

    • NURMANIHSAN says:

      Terima Kasih Pak Supeno,,,
      Bila sudah mengadopsi metode SRI berarti sdh bagus pak. Apalagi jerami sdh diolah dng Promi. Kemudian mgunakan POC.
      Kalau sdh mantap tanpa ppk kimia teruskan pak.

      Tp bila menggunakan pupuk kimia spt KCL silahkan, sbb itu adalah pilihan petani. Bahkan ada petani yg menggunakan cara SRI tetapi msh pakai pupuk Urea, SP dan KCL.
      Menurut sy : bertani baik adalah
      – Full organik
      – Organik ( banyak Ppk organik + jerami + POC) + pupuk kimia.
      Untk KCL bila jerami banyak (didalamnya banyak unsur P2O5 / KCL) baca https://ceritanurmanadi.wordpress.com/2012/03/27/nilai-ekonomis-jerami-padi/

      Untuk walang sangit, pake cara alami pak supeno :
      – Ambil botol air bekas 1500 ml
      – Dibagian kiri dan kanan, buat lubang panjang 10 cm dan lebar 2,5 cm. Jarak lubang 15-20 cm dari bawah botol. Supaya walang sangit masuk
      – isi botol setinggi 7 cm dng air sabun + 2 butir furadan.
      – Pada tutup botol dikasih lubang. Masukan kawat sampai berada 2cm di atas air sabun tsb. Kawat tsb diisi sate koeng mas sampai kawat penuh. Bila sudah berbau maka wlang sangit akan datang ke bangkai keong tsb. Walang yg berebutan dibangkai2 keong tsb akan jatuh di air sabun tsb.
      Letakkan botol2 tsb pakai bambu dipinggir sawah. Jarak antar botol bisa 3-5 meter. Sebaiknya botol2 tsb diletakkan pada waktu tanaman bunting padi. Mengapa?
      Sbb walang sangit biasanya akan datang ketanaman padi ( kawin dan meletakkan telur ) sblm 7-10 snlm malai keluar. Saat inilah waktu yg tepat untuk memasang perangkap tsb.

  6. Supeno says:

    Terima kasih atas petunjuk bapak, salam.

    Supeno

  7. Sugiono says:

    Alhamdulillah… Dapat ilmu lagi.
    Mksih pak…. (eh pak apa mas ini enaknya hehe)

    sklian mau nanya mas gimana cara pengolahan jerami agar cepat bisa dibuat pupuk. Misalnya jerami MT 1 langsung bisa dipakai pada MT 2.
    Atau klo diblok ini sudah ada petunjuknya tolong diksih tau tmpatnya.
    Sekian dan trimakasih untuk jawabannya

  8. Yusran says:

    saya yusran di Malang. sedang belajar pertanian organik. saya memiliki lahan seluas 1,3 Ha. semua pupuk padat dan pupuk cairnya organik semua. periode tanam kemarin, saya menggunakan pupupk organik 10 ton/ha. hasilnya 8 ton gabah. ini rencana penanaman lagi. bagusnya saya menggunakan pupuk organik berapa ton dan berapa setiap aplikasinya. terima kasih.

  9. NURMANIHSAN says:

    Terima kashi Mas Yusran,,,
    Wah sy jg masih belajar Mas
    Tp menurt saya : dalam pertanian organik, ada kaidah : hasil akan meningkat dari musim ke musim. Bila sudah dpt 8 ton gabah dah bagus mas. Artinya penggunaan pupuk organik secara bertahap bisa dikurangi sediikit tp jerami padi dimasukan semua ke sawah.
    Untuk aplikasi, yg sudah ada diteruskan saja
    Apalagi bila memakai pola tanam padi padi palawija (kacang hijau/kedelai) maka
    pertama, tanah akan tetap subuh
    kedua, memutus siklus hama dan penyakit
    ketiga, pendapatan akan meningakt
    keempat, dll
    Silahkan baca https://ceritanurmanadi.wordpress.com/2012/04/27/mengenal-musim-tanam-dan-pola-tanam/
    Semoga bermanfaat

  10. rigo says:

    sebelum penanaman itu pak ada gak pupuk yang dibuat ke lahan tersebut????

  11. Eko Aji says:

    Terima Kasih Banyak atas ilmunya mas,
    Saya baru belajar bertani, menggunakan lahan ex mertua di mana dari dulu tidak pernah menggunakan pupuk kandang (organiknya mungkin hanya jerami di benam)

    saya berencana menggunakan pupuk kandang, dan kalo susah dapat mungkin menggunakan Petrogenik, adapun cara penggunaan pupuk kandang/petrogenik gimana ya mas..?

    apa sekalian pada saat di luku/di traktor

    Mohon bantuan penjelasannya

    Terima kasih

  12. Darwo says:

    Semua paparanya sudah cukup baik, klu bisa nti perlu jga d tambahkan kebutuhan mikro pada tanaman. Trimakasi

  13. nira says:

    Pak ihsan, saya punya lahan sawah 130 bata. 1 bata adalah 14m2. Kira kira memerlukan kompos dan pupuk berapa banyak? Terimakasih.

    • NURMANIHSAN says:

      sawah pak ali sekitar 1.820 m2, digenepin jd 2.000 m2.
      bila kebutuhan kompos 2 ton/ha. untuk 2.000 m2 sekitar 400 kg. sewaktu pengolahan lahan masukan pupuk kandang tsb. dan jangan lupa kasih POC pak. Bisa M-BIO, EM4, MA-11 ( MICROBACHTER ALFAAFA), NASA, Organox, dll (menambah unsur hayati dan membantu penyerapan hara).
      untuk pupuk karena 2000 m2 adalah 1/5 dari 1 hektar
      maka kebutuhan per hektar tinggal dibagi 5 saja.
      Dan jangan lupa pula menyemprotkan tanaman padinya dng POC lagi minimal 2-3 kali. Insya Allah, tanaman akan sehat dan hasilnya meningkat. amin

  14. mui says:

    pak ihsan untuk jenis padi Okinawa bagaimana cara mendapatkan hasil yg terbaik mulai dari pembenihan umur berapa dipindah tanam… dan umur berapa mulai dilakukan pemupukan 1, 2 dan 3 bagaimana apilkasi dan jenis pupuknya sawah saya cuma o,5 bahu atau 1/3 hektar pak….makasih atas petunjuknya pak………

  15. mui says:

    terus terang saya baru mau coba tanam padi jenis okinawa pada musin hujan ini pak…informasi dari tetangga yg musim kemarau kemarin tanam padi okinawa umurnya sama dengan dengan padi jenis denok …….dan hasil panennya lebih bagus dari pada jenis denok pak……hasil panen tetangga saya yg nanam okinawa pada musim kemarau kemarin untuk luas sawah 1/4 bahu atau sekitar 1600 m2 sampai 8 kuintal gabah kering setelah di jemur pak…mhn petunjuk pak….untuk jenis padi Okinawa bagaimana cara mendapatkan hasil yg terbaik mulai dari pembenihan umur berapa dipindah tanam… dan umur berapa mulai dilakukan pemupukan 1, 2 dan 3 bagaimana apilkasi dan jenis pupuknya sawah saya cuma o,5 bahu atau 1/3 hektar pak….makasih atas petunjuknya pak………

  16. suli says:

    Mas mui …..PAk nurman
    Padi jepang jenis oryza japonica (rata rata bulat, nasi lengket > mudah diambil memakai sumpit) padi indonesia masuk dalam jenis oryza sativa ( panjang ramping, pulen – pera).padi jepang umur sedikit lama 5 bln ( tahun 1999 ) teman ada yang bawa dan di tanam.

    Kemungkinan hanya penamaan perorangan saja, seprapat bau termasuk bagus 8 kw gkg, sekedar info, nama lokal yang lain terbaru adalah bison, nama yang sudah akur adalah varietas mira 1 sama dengan ciherang bima. varietas inpari 4 = ciherang doyok. Okinawa ???

  17. gustaf says:

    Dijual pupuk Biomax dengan harga promo Rp 1100/kg. berminat hubungi 08989283061

  18. Rey says:

    Mas Nur, saya baru tanam 1/2ha varietas cilamaya (muncul) baru berumur 3hari. Untuk waktu pemupukanya jika di lakukan 3x (pertama, ke2, dan ke3)itu umur berapa hari dan berapa dosis-dosisnya? Oya, saya mempunyai 90kg phospat (elang biru), 40kg sp36, 40kg phonska, 50kg kcl dan 130kg Urea. Apa yg harus saya lakukan dngan pupuk2 tsb? Maaf mas baru blajar bertani..

  19. Iroif says:

    Assalamu’alaikum.
    Pak Nurman, perkenalkan nama saya Iroif.
    Stlh sy baca artikel anda, sangat menarik dan sangat membantu bgi para petani.

    Saya mencoba mempraktekan artikel yg anda tulis, yaitu mengenai Dosis pemupukan dgn menggunakan Pupuk NPK PHONSKA 150 kg & NPK KUJANG 300 Kg/ h.

    Untuk saat ini tanaman padi sy usia 13 hr, telah dipupuk pd hr k 8 dgn menggunakan 150 phonska.

    Itu pemupukan pertama, kemudian stlh sy amati, , ,dr 2 petak sawah yg 1 petak daunnya hijau, petak k 2 daunya agak kekuning2n.

    Faktor apa sj yg mempengaruhi perbedaan itu?
    Mhn pencerahan.

    TERIMAKASIH

  20. Asep says:

    Asslmkm..di musim penghujan ini rencananya saya mau melakukan pemupukan dengan total unsur hara N=112% P=60% K=70% per Ha menurut pak nurman berimbang gak?mohon pencerahan nya

  21. surya says:

    pak Nurman,saya ada sawah 4 rante di daerah pasang surut.bibit apa yang cocok untuk sawah tsb?dan berapa banyak pupuk N-P-K,pupuk kandang(kompos)dan dolomit yang diperlukan agar panen berhasil?

  22. cindra says:

    Assalamu’alaikum Pak. saya sedang mengerjakan tugas akhir saya tentang supply chain management pada padi. Dapatkah Bapak membantu saya untuk merumuskan data jenis varietas padi beserta kebutuhan prapanen padi dari mulai tanam sampai panen itu apa saja ya Pak? sekaligus waktu pemberian kebutuhannya itu kapan saja. Terima Kasih sebelumnya Pak. Wasalamu’alaikum wr.wb

  23. salam kenal ,, saya mau tanya dosis anjuran pupuk NPK MUTIARA buat tanaman kacang hijau berapa ton/ha????.. dan dosis anjuran pupuk organik cair NASA berapa cc per tanaman atau per petak… mohon balasanya pak dan saya tunggu..

  24. Andika doank says:

    Mohon pencerahan
    saya petani muda dengan menggarap sawah kurang lebih 1450m2, tahun kemarin saya memakai pupuk NPK 50KG , UREA 50KG DAN ZA 25KG, pada saat panen hasilnya kurang memuaskan. Mohon penjelasannya

Leave a comment