KISAH CINTA SEORANG PEMUDA

MENCARI RASA SPESIAL DI HATI
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( Penulis Lepas )
MENCARI RASA  DI HATI

MENCARI RASA DI HATI

Sekitar 2 tahun yang lalu, seorang pemuda bertemu tanpa disengaja dengan seorang wanita. Nama pemuda itu, Najmudin Firdaus. Dalam pandangan pertama, di hatinya timbul rasa kagum. Rasa kagum yang baru pertama kali dia rasakan. Rasa kagum yang begitu hebat. Rasa kagum yang bergetar di hati sanubari.

Dia sempat berkenalan dengan wanita tersebut, begitu mendengar namanya disebut, sekan-akan pelangi menghiasi hatinya. Seakan-akan bintang-bintang singgah di jiwanya. Nama wanita itu, Tsabita Salsabila. Nama yang indah, seindah pancaran wajahnya. Dengan berjalannya waktu, pemuda ini mengetahui bahwa Tsabita Salsbila sudah punya tunangan. Dan sebulan lagi akan menikah.

Di suatu acara pertemuan kerja lapangan, 6 bulan setelah peristiwa tersebut di atas. Si pemuda ini bertemu dengan seorang gadis. Gadis yang sesuai betul dengan idamannya selama ini. Gadis yang begitu pas dengan rasa dan bahasa  jiwanya. Seakan-akan, si pemuda ini menemukan tulang rusuknya kembali.

” ohh, bagaimana mungkin. Aku tlah menemukan tulang rusukku kembali. Yupps, aku harus kenal dengan dirinya” begitu desir bibirnya bersuara lembut.
 

Desir-desir kekaguman kembali melanda dirinya. Tetapi, rasa yang ditimbulkannya kali ini lain. Agak beda. Rasa yang begitu hebat. Rasa yang bergelombang bagaikan tsunami, begitu memuncak. Rasa yang begitu indah masuk secara perlahan ke sela-sela bilik hatinya.

“kau begitu sempurna,,,”, seperti lirik sebuah lagu. “di mataku, kamu begitu indah, seindah malai padi yang bernas,,,”
 

Dia pun berkenalan. Gadis itu bernama Fathia Fithri . Gadis ini berasal dari Sumatra, tepatnya dari daerah Pesisir Selatan. Perkenalan singkat pun terjadi. Di lain hari, sms dan email sempat tercipta. Lagi-lagi, sang gadis sudah dipinang orang lain.

Saat ini, si pemuda sedang duduk di teras masjid. Pikirannya melayang ke masa-masa sekolah. Di SMU dulu, si pemuda ini pernah menjadi rebutan beberapa teman kelas wanitanya. Tetapi sayang, di hatinya tak ada rasa tertarik pada teman wanita sekelasnya. Rasa yang spesial di hati.

Pada saat yang bersamaan, justru rasa spesial itu tertambat pada adik kelasnya. Nama adik kelasnya “titik-titik”. Dia pernah berkirim surat, tapi tak mendapat respon.

Tak berapa lama kemudian, si pemuda ini menerima sepucuk surat. Surat tsb dari adik kelasnya. Inti suratnya, si wanita tersebut menyukai pemuda ini. Cuma pada saat itu, si wanita tersebut ingin konsentrasi belajar. Dan pada saat yang bersamaan, orang tua si wanita melarangnya.

Walaupun demikian, si pemuda ini cukup senang. Rasa senang mengetahui bahwa orang yang dicintainya, menyukai pula dirinya. Surat itupun diletakkan di dadanya,,,

Pikirannya tersadar, saat ada seorang pria lain yang duduk 1 meter di sampingnya. Dia membawa buku. Pria tersebut duduk dan membaca buku itu. Sempat terlihat sekilas judul buku itu, Sepeda dari Kambing baca disini. Si pemuda ini penasaran, akhirnya ditegur pria tersebut.

” maaf, bang. judul bukunya lucu juga”
” buku apa?” pria tersebut sengaja bertanya
” buku yang abang baca “
” ohh, buku ini. Emang judulnya menarik. Tapi yang lebih menarik lagi, isinya dik. Membaca buku ini, bisa menambah wawasan kita”
 

Akhirnya mereka berkenalan. Pria tersebut bernama Ihsan Muhamad. Setelah itu, mereka bertukar pikiran. Sampai suatu ketika, si pemuda ini bertanya kepada pria tersebut.

” bang, ada sebuah misteri yang masih kabur dari pemahaman saya”
” misteri?, maksud adik?”
” begini bang”.

Akhirnya keluarlah dengan lancar kisah hidupnya. Terutama saat-saat berkenalan dangan wanita-wanita yang pernah mampir di hatinya.

Setelah selesai mencurahkan kisah hidupnya. Si Pria tersebut terdiam. Cukup lama juga.

” sorry bang, saya minta saran”
” ohh, maaf. Aku jadi teringat kenangan juga nih”
” abang sudah menikah?”
” emang kelihatannya bagaimana? “
” ya kelihatan, bang!”
” dari mana kelihatannya, dik?”
” ya dari mata saya, abang kan kelihatan, hee”
” bisa aja. Begini, dik. Anda beruntung”
 

Pemuda ini mengerutkan dahi sekaligus heran,

” beruntung? dari kaca mata mana, bang?”
” seseorang yang pernah merasakan rasa spesial di hatinya sungguh beruntung. Mengapa? sebab ada juga orang yang sudah tua, tapi belum juga ketemu rasa spesial itu”
” saya kok bingung, bang?”
” aku pernah ketemu dan berinteraksi dengan banyak orang yang sudah menikah, dari situlah aku dapat gambaran hidup mereka.
“trus, bang,,”
“Sewaktu muda, mereka hanya sebatas suka dengan wanita lain. Suka yang biasa saja. Suka yang tak menimbulkan gelombang besar dalam jiwanya.”
” betul, bang. Sewaktu saya bertemu dan berkenalan dengan seseorang gadis, di hati ini terasa ada gelombang tsunami yang menggerakkan jiwa. Jiwa ini tak merasa lelah tuk mengingatnya”
 

Si Pemuda yang dipanggil abang ini, terlihat geleng kepala. Dan berujur:

” luar biasa, anda sungguh beruntung, dik”
” apakah abang pernah merasakannya?. Nga perlu dijawab, Bang. Saya sudah tau”
” dari mana?”
” Karena abang bisa menjelaskan!”
” hee. Saran apa yang kau minta?”
” terus terang, saya masih mengharapkan satu dari ke-3 wanita itu, walaupun mereka sudah menjadi istri orang lain”
” kok begitu?”
” ya, saya tunggu jandanya, bang”
” luar biasa, sebegitu besarkah cintamu pada mereka?
” ini bukan cinta, bang. Ini adalah rasa. Rasa spesial yang telah terukir di hati” si pemuda mengucapkan kata-kata itu sambil berkaca-kaca. Ada butiran air mata yang menggenang di bola matanya.
 

Si pria melihat ke arah pepohonan. Dihela nafasnya dengan tarikan nafas yang panjang. Tiga kali, si pria tersebut melakukan hal tersebut.

” Dik, bila ke-3 wanita itu menjadi istrimu sekaligus, apa yang akan kamu lakukan?”
” apa mungkin, bang?”
” jangan berkata tak mungkin. Apa yang akan kamu lakukan?”
” saya akan melakukan apa saja, bang. Apa saja, walau saya tukar dengan nyawa ini, bang”
” Mau aku kasih tahu jalannya?”
” Emang abang tahu jalannya?”
” sudah, beberapa tahun yang lalu aku mendapatkan jalan itu”
” dari siapa, bang ?”
” tak aku sebutlah nama orang itu, tak eloklah. Tapi jawababnya ada di kamu, mau nga?”
” apapun akan saya tempuh, bang?”
oke, ini dia, kejarlah pintu surga!”
” kalau bisa jangan di surga dulu, bang. Di dunia inilah”
” itulah masalanya, pertama, apakah mereka ber-3 mencintaimu?.”
” kayanya iya, bang”
” kok pake kayanya sih”
 

Selanjutnya, Ihsan, nama abang ini, terdiam lagi. Dia perlu mengatur kata-kata yang pas buat lawan bicaranya.

“Okelah kalau iya. kalau di dunia ini, kamu perlu waktu puluhan tahun untuk menikahi ke-3 wanita itu. Bisa jadi, ke-3 wanita yang kamu cintai baru kamu nikahi, bila ke-3 suaminya sudah meninggal. Apa kamu mau menunggu hal yang tak pasti?”
” tapi bang?”
” teman, perbanyaklah amalmu, carilah ilmu agamamu. Jadikan Islam sebagai jalanmu. Jadilah hamba TuhanMu. Kejar pintu SurgaNya. Sebab disanalah segala angan-anganmu, segala hasratmu, segala cintamu, dan segala cita-citamu terwujud”
” Adakah cara lain, bang?”
” Cara lain ada, tapi tiada yang abadi, tiada yang kekal. Dan ingat, cara lain tak ada yang lebih mudah!!”
” maksudnya, bang?”
” Usia kita paling lama 60 tahunan. Tetapi bila kita arahkan pada Sang Pencipta, apapun keinginan kita akan tercapai. Apapun itu. Ada satu pesan yang kuingat terus sampai saat ini. Pesan dari seseorang yang tak kusebutkan namanya.”
” bisa dishering, bang?”
” kamu mau?”
” silahkan, bang”
” begini, dalam kehidupan ini, kita pasti kan menjumpai banyak wanita. Dari sekian banyak wanita, pasti ada yang cantik di hatimu. Bila dia cantik di hatimu, pastilah dia cantik di matamu. Bila sudah demikian, berdoalah, Ya Rohman Ya Rohim, jadikan dia kelak istriku di surga nanti.”
” Berapa kali doa itu, bang. hee?”
” Sebanyak wanita yang cantik di hatimu”
” Makasih, bang. Kan kukejar Pintu Surga-Mu Ya ALLAH”
 

Dan, kedua anak manusia pun tersenyum. Senyum akan sebuah harapan. Harapan akan sebuah cita-cita,,,

Posted in CINTA | 15 Comments

PUISI ANAK GAZA

Puisi ini pernah saya tulis tanggal 27 Oktober 2011, akan tetapi karena pada saat ini sedang berkobar PERANG DI GAZA PALESTINA, maka puisi tsb saya tulis ulang, supaya bisa memberikan inspirasi kepada kita semua.

Korban perang yang terjadi di GAZA adalah kebanyakan masyarakat sipil terutama wanita dan anak-anak. Akan tetapi, bila kita cermati fenomena anak-anak di GAZA, mereka tumbuh dengan karakter yang unik.

Berdasarkan pengalaman mereka ( relawan/ustadz/ustadzah ) yang telah pulang dari GAZA, mereka akan kagum dengan anak-anak GAZA. Mereka adalah anak-anak INTIFADHOH yang begitu bersahabat dengan kematian,,,,

SAJAK BUAT BOCAH PALESTINA
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( Penulis Lepas )

Kerikil-kerikil kecil menerjang
Tiada habis terbilang
Bumi slalu siap menyimpan pecahannya
Tertuju bagi tentara-tentara yahudi
Mujahid kecil intifadhoh berdiri tegak
Dari mulut kecilnya keluar rasa bangga,

” Aku Ahmad, umurku 7 tahun
Abiku syahid setahun yang lalu
Dalam aksi bom syahadah, bom pencari syahid
Bukan aksi bunuh diri
Aku tinggal bersama umi dan kedua adik kecilku, Zaenab dan Umar
Aku biasa bermain dengan batu-batu kerikil
Bila sudah kugenggam batu-batu kerikil, aku bukan anak kecil lagi
Di mataku hanya ada satu sasaran: monyet-monyet yahudi”

Ahmad berdiam sebentar.
Mata jernihnya membentuk kristal-kristal kecil.
Jatuh bergulir di ayunan pipi.
Pita suara Ahmad terdengar kembali, kata-kata yang keluar, hasil didikan lingkungan perjuangan yang akan bangga akan harga diri,

” Mereka telah merampas tanah airku
Mengusir anak negeri bangsaku
Menahan saudara-saudaraku tanpa dakwaan
Membunuh manusia terbaik yang pernah dikeluarkan negeriku”

Kembali dia berjalan, bersama teman-teman seperjuangan.
Sekali lagi
Usia mereka sekitar 7 tahunan.
Mereka menuju tentara-tentara yahudi,,

“Walau usiaku baru 7 tahun
Aku tak takut pada mereka
Kematian biasa bersamaku
Aku mencari mimpi-mimpi kepahlawanan
Hasil sejarah heroik Sholahudin Al Ayubi
Hasil tempaan Syekh Ahmad Yasin
Hasil perjuangan Pergerakan HAMAS
Hasil kepintaran Yahya Iyashi
Aku terlahir di taman Para Syuhadah
Yang telah menghasilkan bunga-bunga perjuangan
Dengan siraman darah dan air mata.
Keharumannya bisa dirasakan sampai penjuru negeri
Tuk membasahi negeri tercintai ini, Palestina!!”

Sesaat dia berlari.
Menyongsong tangan melempari tentara-tentara yahudi.
Dengan teriakan bergelora:
“ Aku ingin seperti abi
Aku ingin seperti abi
Aku ingin seperti abi,,,”

Ahhh, di dadanya ada warna merah saga.
Tetesan darah keluar dan jatuh ke bumi.
Dia duduk sambil memegang dadanya.
Matanya memejam.
Di hatinya bergema alunan Al-Quran.

Sakit? tentu saja.
Tapi, dia tetap tersenyum.
Tubuhnya mulai dingin.
Dan, bocah itu bersuara lirih: ”abii, sebentar lagi kita akan bertemu,,,”

Dan Bumi Palestina akan semakin berkah. Sebab pupuknya adalah darah suci syuhadah. Dan juga air mata.

Catatan Perhatian

Doaku selalu bersama perjuangan rakyat Palestina !!!
Wahai saudaraku, doakanlah Mujahid Palestina di dalam sholatmu
Wahai saudaraku, bantulah saudaramu di Palestina, walau dengan seuntai doa,,,

Posted in PUISI DAN SYAIR | Leave a comment

AMAL TERBAIK DI PERTANIAN

BERDOA DENGAN AMAL TERBAIK
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Hadit Nabi Muhamad SAW

Ada sebuah hadist nabi Muhamad SAW yang bisa mengispirasi kita sebagai seorang muslim, terlebih lagi seorang muslim yang berprofesi sebgai petani. Hadist tsb isinya sbb :

Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Khaththab berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dulu sebelum kamu, ada tiga orang berjalan-jalan kemudian mereka mendapatkan sebuah gua yang dapat dimanfaatkan untuk berteduh, maka merekapun masuk ke dalamnya. Kemudian tiba-tiba ada batu dari atas bukit yang menggelinding dan menutupi pintu gua itu sehingga mereka tidak dapat keluar.

Salah seorang diantara mereka berkata, ‘Sesungguhnya tidak ada yang dapat menyelamatkan kamu sekalian dari bencana ini kecuali bila kamu sekalian berdo’a kepada Allah ta’ala dengan menyebutkan amal-amal shalih yang pernah kalian perbuat.’

Orang pertama di antara mereka menimpali, ‘Wahai Allah, saya mempunyai ayah ibu yang sudah tua renta, saya biasa mendahulukan memberi minuman susu kepada keduanya sebelum saya memberikannya kepada keluarga dan budak saya. Pada suatu hari saya terlambat pulang dari mencari kayu dan saya menemui keduanya sudah tidur, saya terus memerah susu untuk persediaan minum keduanya.

Karena saya mendapati mereka berdua telah tidur maka saya pun enggan untuk membangunkan mereka. Kemudian saya berjanji tidak akan memberi minum susu itu baik kepada keluarga maupun kepada budak sebelum saya memberi minum kepada ayah bunda.

Saya menunggu ayah bunda, hingga terbit fajar barulah keduanya bangun sementara anak-anakku menangis, mereka mengelilingi kakiku. Setelah mereka bangun, kuberikan minuman susu kepada keduanya.
“Wahai Allah jika saya berbuat seperti itu karena mengharapkan wajahMu, maka geserkanlah batu yang menutupi gua ini.’
Maka bergeserlah sedikit batu itu tetapi mereka belum bisa keluar dari gua tersebut.

Orang ke-2 berkata, ‘Wahai Allah, sesungguhnya saya mempunyai saudara sepupu yang sangat saya cintai.’ Pada riwayat yang lain dikatakan, ‘Saya sangat mencintainya sebagaimana lazimnya orang laki-laki mencintai seorang perempuan, kemudian saya ingin berbuat zina dengannya tetapi ia selalu menolaknya. Selang beberapa tahun ia tertimpa kesulitan kemudian datang kepada saya dan saya berikan kepadanya 120 dinar (sekitar 240 juta), dengan syarat ia harus mau bersebadan dengannya, dan ia pun setuju.

Ketika saya sudah menguasainya, pada riwayat lain dikatakan, kemudian ketika saya berada di antara kedua kakinya dia berkata, ‘Takutlah kamu kepada Allah dan jangan kau robekkan selaput daraku kecuali dengan cara yang benar.’

Kemudian saya meninggalkannya, padahal dia adalah seseorang yang sangat saya cintai dan saya telah merelakan emas (dinar) yang saya berikan kepadanya.
“Wahai Allah, jika saya berbuat seperti itu karena mengaharapkan ridhaMu, geserkanlah batu yang menutup gua ini”. Maka bergeserlah batu itu tetapi mereka belum bisa keluar dari gua itu.

Orang yang ketiga berkata, ‘Wahai Allah, saya mempekerjakan beberapa karyawan dan semuanya saya gaji dengan sempurna kecuali ada seorang yang pergi, meninggalkan saya dan tidak mau mengambil gajinya terlebih dahulu. Kemudian gaji itu saya kembangkan sehingga menjadi banyak.

Selang beberapa lama dia datang kepada saya dan berkata, ‘Wahai hamba Allah, berikanlah gaji saya yang dulu itu.’ Saya berkata, ‘Semua yang kamu lihat itu baik onta, sapi, kambing maupun budak yang menggembalakannya adalah gajimu.’ Ia berkata, ‘Wahai hamba Allah, janganlah engkau mempermainkan saya.’ Saya menjawab, ‘Saya tidak mempermainkan kamu.’ Kemudian diapun mengambil semuanya dengan tidak meninggalkan sisa sedikit pun.

“Wahai Allah jika saya berbuat itu karena mengharap ridhaMu, maka geserkanlah batu itu”.

Lalu batu itupun bergeser dan mereka bisa keluar dari dalam gua(Muttafaq ‘alaih)

Apa makna hadist di atas

Secara umum kalau dirinci ada 3 point:
1. ada 3 insan
2. tertutup goa
3. mereka berdoa dengan amal terbaik yang pernah mereka lakukan.

Pertama, 3 insan. Tiga insan ini hanyalah lambang kita sebagai manusia. Kita sebagai anak manusia yang telah ditakdirkan menjadi seorang muslim. Menjadi seorang Muslim merupakan anugrah yang harus kita syukuri,,,

Kedua, tertutup goa adalah simbol mendapatkan cobaan. Bisa cobaan, bisa musibah, bisa ujian, bisa ketidaksenangan, dll. Di dalam kehidupan ini, selain mendapatkan kesenangan, kita anak manusia (kita sebagai muslim), maka kita akan dihadapkan kepada cobaan/ujian/musibah/dll.

Ketiga, Mereka berdoa dengan amal terbaik yang pernah mereka lakukan. Dan inilah yang patut kita tiru sebagai seorang insan muslim. Apa amal terbaik yang telah kita lakukan? atau apa amal terbaik yang akan kita lakukan???

Mengapa? sebab dengan amal terbaik yang telah kita lakukan, kemudian kita berdoa dengan amal tsb, maka kita mengharapkan segala musibah/cobaan/ujian/dll akan bisa terlewati (tergeser) seperti tergesernya batu di atas.

Amal Terbaik Pertanian

Apakah amal terbaik di dunia pertanian tsb?
Menurut saya : Sangat Banyak !!!

Di sini saya hanya menyebutkan beberapa saja,

Pertama, di kota-kota besar sekarang ini, sangat sulit kita jumpai ada lahan yang ditumbuhi tanaman-tanaman yang rindang. Yang ada kebanyakan adalah lahan-lahan yang ada dibangun untuk kontrakan/toko/rumah/dll.

Maka, bila diantara kita mempunyai lahan yang kosong, misalkan 500 m2, kemudian lahan tsb dibiarkan ditanami (luar biasa kalau diwakafkan) dengan tanaman-tanaman yang rindang. Dari tanaman-tanaman tsb keluar oksigen yang dibutuhkan manusia lain. Manusia yang setiap detiknya mendapatkan “sedekah” dari tanaman-tanaman yang rindang tsb.

Maka bila suatu ketika, misalkan keluarga kita mendapatkan musibah/ujian. Maka dia pun berdoa:

” Ya Allah, saya telah mengikhlaskan lahan tsb ditanami banyak tanaman, supaya oksigennya dapat dini’mati oleh ribuan insan lain. Jikalau saya ikhlas melakukan semua itu, maka geserlah/hilangkanlah musibah yang telah menimpa keluarga saya”.

Kedua, misalkan ada petani A, ketika dia panen padi varietas terbaru, misalkan padi inpari 20/23/HG02/dll, kemudian disisihkan gabah yang terbaik sekitar 30-50 kg. Kemudian ditimbang menjadi 6-10 kantong yang masing-masing berisi 5 kg.

Kantong gabah yang berisi inpari 20/23/GH02/dll yang berjumlah 6-10 kantong tsb, diberikan kepada teman-temannya, dengan harapan teman-temannya mendapatkan varietas terbaik dan terbaru. Agar teman-teman pada musim berikutnya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Maka bila pada suatu ketika, misalkan orang tuanya/anaknya mendapatkan musibah. Maka dia pun berdoa:

” Ya Allah, saya telah mengikhlaskan benih-benih padi terbaik dan terbaru untuk diberikan kepada teman-teman saya, supaya mereka bisa mendapatkan panen dengan hasil maksimal. Jikalau saya ikhlas melakukan semua itu, maka geserlah/hilangkanlah musibah yang telah menimpa orang tua/anak saya”

Ketiga, dll

NB:
Saya secara pribadi, dalam beberapa tahun ini, sudah berulang kali melakukan hal tsb di atas, karena saya hanya bisa menulis di BLOG Gratisan ini, maka saya pun berdoa :

” Ya Allah, saya menulis di BLOG ini karena mengharapkan keberkahanMu, jikalau saya ikhlas melakukan semua ini, maka sembuhkanlah anak saya yang sedang sakit”.

Semoga bermanfaat !!!

Posted in AGAMA, SHARE ILMU | 1 Comment

VARIETAS KACANG HIJAU

MENGENAL VARIETAS KACANG HIJAU
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN )

Tanaman Pangan

Tanaman pangan di Indonesia -yang dapat tumbuh dan menghasilkan- dapat dikatagorikan menjadi beberapa bagian
1. Tanaman serelia : padi, shorgum
2. Tanaman biji-bijian : kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dll
3. Tanaman umbi-umbian : talas, ubi kayu, ubi jalar, dll

Tanaman Kacang Hijau
Diantara tanaman pangan tsb, tanaman kacang hijau adalah salah satu tanaman yang cukup dikenal di Indonesia. Di beberapa daerah di pulau Jawa, tanaman kacang hijau biasanya ditanam di MT-3. Setalah di MT-1 dan MT-2 ditanam padi.

Varietas Kacang Hijau

Walaupun Tanaman kacang hijau ini cukup dikenal di Indonesia, akan tetapi nama-nama varietas kacang hijau masih asing di telinga para petani.

Coba kita dibandingkan dengan tanaman padi, maka nama-nama varietas masih banyak diketahui oleh para petani. Demikian pula deangan tanaman kedelai, nama-nama verietas kedelai seperti wilis, grobogan, gepak kuning, detam1, detam2, malika, dll, masih bisa diketahui nama-namanya oleh petani kedelai.

Untuk lebih mengetahui naman-nama varietas kacang hijau, berikut ini adalah nama-nama varietas kacang hijau yang ada di Indonesia. Nama-nama varietas tsb bisa berasal dari introduksi dari negara lain, penyilangan antar varietas, seleksi galur, dll.

Untuk memudahkan nama-nama varietas kecang hijau, kita ingat saja, nama-nama burung.
Coba ingat kalimat ini : BURUNG HIJAU. Itu artinya nama-nama burung jadi rujukan untuk varietas tanaman kacang hijau,,,

Berikut ini adalah nama-nama varietas kacang hijau yang ada di Indonesia http://puslittan.bogor.net/index.php?bawaan=varietas/gerbang&proses=daftarstok&komoditas=05027&varietas=1

Petunjuk: Untuk melihat deskripsi masing-masing varietas, silahkan “KLIK” nama varietas yang dimaksud.
No. Nama Varietas Keterangan
1. Arta Ijo Hasil seleksi galur varietas lokal Sumenep
2. Betet Persilanagan MB 129 x Siwalik
3. Bhakti Introduksi dari Srilangka
4. Camar Iradiasi gamma dosis 0,1 Kgy pada varietas Manyar
5. Gelatik Introduksi dari AVRDC (Taiwan)
6. Kenari Introduksi dari AVRDC, Taiwan, tahun 1987 hasil silang tunggal VC 1178B x VC 1624
7. Kutilang
8. Manyar Introduksi dari AVRDC (Taiwan)
9. Merak Introduksi dari Filipina
10. Merpati Seleksi galur F4, introduksi dari Taiwan
11. Murai Introduksi dari Institute Plant Breeding, Philippina, tahun 1984, diseleksi di Balitkabi
12. No. 129 Introduksi dari Filipina
13. Nuri Introduksi dari AVRDC (Taiwan)
14. Parkit Persilangan PHLV-18/WC 1177 B
15. Perkutut Introduksi dari AVRDC, Taiwan, Tahun 1984, diseleksi di Balitkabi
16. Sampeong Lokal Sumbawa
17. Siwalik seleksi galur populasi asal Jeneponto
18. Sriti Hasil seleksi galur dari varietas introduksi asal AVRDC, Taiwan
19. Vima – 1 Persilangan buatan tahun 1996 VC 1973 A x VC 2750 A
20. Walet Introduksi dari IVRDC (Taiwan)

Varietas Terbaru

Pada bulan Desember 2013 kemarin, pemerintah melepas varietas terbaru hijau tanah yaitu Vima 2 dan Vima 3. Untuk lebih mengtahui ke-2 varietas ini, bisa lihat disini

Posted in BUDIDAYA TANAMAN | Leave a comment

AQUA BUAT GAZA

Negeri GAZA

Sekarang ini kita saksikan, ada kepiluan dan ketidakberdayaan sebuah negeri nun jauh di sana. Negeri tsb adalah Negeri GAZA. Negeri GAZA yang berada di Palestina sedang mendapatkan musibah berupa bombardir dari Negara Teroris Israel. Boleh dibilang, ini adalah Pembantaian secara kasat mata di Zaman Modern. Sampai saatini, sudah banyak korban yang berjatuhan. Akan tetapi, PBB, Liga Arab, dll hanya diam saja, mereka hanya bisa sebatas mengutuk saja.

Ayo Kita Bantu

Sebagai manusia yang masih punya nurani, apa yang bisa kita bantu?
Sebagai seorang muslim, banyak yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah kita berdoa kepada Allah SWT, semoga penduduk GAZA diberikan kemenangan dan kekuatan dalam mengahadapai Negara Teorirs Israel.

Kita bisa panjatkan doa kita sehabis sholat. Apalagi ini adalah Bulan Ramadhon. Bulan yang dimuliakan. Cobalah kita panjatkan dan lantunkan, bait-bait doa kita buat saudara-saudara kita di GAZA Palestina,,,

Uang Mengalir Ke Israel

Negara Teroris Israel bisa bertahan sampai sekarang karena mendapatkan bantuan dari APBN Negara Amerika. BAca disini,

Selain itu, Negara Teroris Israel mendapatkan bantuan dalam jumlah besar dari perusahaan-perusahaan multinasional setiap tahunnya. Dan, perusahaan-perusahaan yang telah menganlirkan dananya ke Negara Teroris Israel cukup banyak. Perusahaan-perusahaan tsb akan mendapatkan “sertifikat tertentu” dari negara Teroris tsb. Sertifikat bergengsi adalah JUBILEE AWARD (Penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Zionis Israel yang telah membantu dan mendonasikan profit usahanya kepada Zionis Israel.

Salah satu yang mendapatkan JUBILEE AWARD (Penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Zionis Israel yang telah membantu dan mendonasikan profit usahanya kepada Zionis Israel) adalah apa yang sering kita minum yaitu AQUA.

Aqua perusahaan air minum mineral terbesar di Indonesia. Siapa yang tidak mengenal perusahaan ini?? Aqua merupakan produk dari Danone. Aqua mendapatkan penghargaan dari JUBILEE AWARD (Penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Zionis Israel yang telah membantu dan mendonasikan profit usahanya kepada Zionis Israel.

Konspirasi Aqua dan Zionis Israel

Produsen AMDK Aqua, PT. Golden Mississippi (kemudian bernama PT Aqua Golden Mississippi) yang bernaung di bawah PT. Tirta Investama (selanjutnya, dalam tulisan ini akan disebut sebagai Aqua saja, untuk mewakili korporasi produsen AMDK tersebut), didirikan pada 23 Februari 1973 oleh Tirto Utomo (1930-1994). Pabrik pertamanya didirikan di Bekasi. Sejak saat itu, orang Indonesia mulai mengubah salah satu kebiasaannya secara mendasar dengan membiasakan diri mengkonsumsi AMDK, membeli air.

Konspirasi Aqua dan Zionis Israel – Danone, sebuah korporasi multinasional asal Perancis, berambisi untuk memimpin pasar global lewat tiga bisnis intinya, yaitu: dairy products, AMDK dan biskuit. Untuk dairy products, kini Danone menempati posisi nomor satu di dunia dengan penguasaan pasar sebesar 15%. Adapun untuk produk AMDK, Danone juga mengklaim telah menempati peringkat pertama dunia lewat merek Evian, Volvic, dan Badoit. Untuk bisa mempertahankan diri sebagai produsen AMDK nomor satu dunia, Danone tentu saja harus berjuang keras menahan gempuran Coca-Cola dan Nestle.

Untuk menambah kekuatannya, Danone mulai memasuki pasar Asia, dan mengambil alih dua perusahaan AMDK di Cina. Menyadari kekuatan kecil Aqua yang belum terjamah oleh Coca-cola atau korporasi lainnya, Danone buru-buru mendekati Aqua. Akhirnya, pada tanggal 4 September 1998, Aqua secara resmi mengumumkan “penyatuan” kedua perusahaan tersebut dan bertepatan dengan pergantian milenium, pada tahun 2000 Aqua meluncurkan produk berlabel Danone-Aqua. Pada tahun 2001, Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT. Tirta Investama dari 40% menjadi 74%, sehingga Danone kemudian menjadi pemegang saham mayoritas Grup Aqua.

Flouride ( bahaya flouride ) yang selama ini kita kenal di dalam pasta gigi ternyata adalah senyawa racun yang dalam penggunaanya dapat menyebabkan kanker tulang,masalah persendian,penurunan kadar estrogen dan testosteron dan yg mengejutkan adalah perusakan gigi yaitu menguning dan terkorosi nya enamel gigi.

Sekarang, pergilah ke toko atau super market yang ada. Carilah racun tikus. Dan lihatlah, apa bahan utama pembuat racun tikus?? Yakni Sodium Fluoride. Ini adalah zat kimia ionik yang paling beracun setelah Potasium Dikromat. Saat ini, perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dalam bisnis air minum dalam kemasan diketahui telah memasukkan fluoride ke dalam produk air minum dalam kemasan mereka. Hal ini dilakukan tanpa membubuhkan keterangan sedikit pun dalam label kemasannya.

Dunia medis juga telah mengetahui jika fluoride juga digunakan sebagai obat anti depresan, yang menghilangkan agresifitas dan motivasi manusia, termasuk menurunkan hasrat untuk berkembang-biak. “Fluoride memang tidak memiliki faktor yang menguntungkan secara biologis, ” tegas Dr. Rima Laibaow dari Natural Solutions Foundation

Konspirasi Aqua dan Zionis Israel – Dan taukah anda minuman kemasan yang selama ini kita minum mengandung flouride bahkan dalam website aqua menjelaskan: Kesehatan tubuh tergantung pada berbagai aspek, salah satu aspek penting adalah pemenuhan mikronutrisi, yaitu vitamin dan mineral. Kecukupan vitamin telah menjadi hal yang diperhatikan, kini berbagai vitamin ditemukan dalam bentuk instan (pil dan tablet). Sedangkan mineral, hingga kini belum lengkap dibuat dalam bentuk instan. Hanya mineral utama, seperti; kalsium atau zat besi yang bisa ditemukan pilnya. Padahal masih banyak mineral yang tak kalah pentingnya dibutuhkan oleh tubuh, seperti; yodium, kalium, atau flouride. klik pada gambar di bawah sebagai bukti.

AQUA - MEMBANTU ZIONIS ISRAEL

Untuk lebih yakin, cobalah anda siram air Aqua ke tanaman setiap hari dan bedakan dengan tanaman yang di siram air tanah. Maka tanaman yang di siram aqua akan mati kering seperti hangus.Dan pada kenyataan kelompok ELIT HITAM ini telah memberikan pendidikan dan meyakinkan Organisasi-organisasi kesehatan ( dalam hal ini adalah para Dokter gigi) bahwa Flouride adalah sehat,baik & aman. Sehingga kita dapati sekarang dalam iklan pasta gigi, FLOURIDE adalah hal yg wajib di kampanyekan dan baik bagi kesehatan gigi masyarakat. http://ksplestari.blogspot.com/2014/04/konspirasi-aqua-dan-zionis-israel.html

Dr. Mullenix adalah salah satu yang meneliti & mempublikasikan bahaya FLOURIDE kepada publik. Dimana atas riset yg dia lakukan ia di pecat dari FORSYTH DENTAL CENTER dan kehilangan smua izin risetnya.

Bantuan Nyata Kita

Bila kita sudah mengetahui perusahaan AQUA ini sebagai SALAH SATU DONATUR TERTINGGI BAGI NEGARA TERORIS ISRAEL. Maka, sudah saatnya kita berpikir ulang untuk meminumnya. Apalagi, air minum ini ternyata berbahaya bagi kesehatan kita. Bila kita tidak meminumnya, maka secaa otomatis KITA SECARA NYATA TELAH MEMBANTU NEGERI GAZA DI PALESTINA.

Posted in KONSPIRASI, SHARE ILMU | 3 Comments

DESA TERCINTA

Desaku yang tercinta

Pada suatu waktu, di suatu desa, bisa dilihat dengan bola mata, ada hamparan sawah yang begitu luas. Ada kebahagian tersendiri, bila berada di tempat tsb. Di atas kepala kita, ada ribuan capung yang beterbangan. Mereka seolah-olah tidak pernah lelah untuk mengitari hamparan sawah tsb.

Desaku Yang Tercinta

Di dalam sawah, masih banyak dijumpai aneka jenis binatang. Ada anak katak, kecebong, laba-laba, belalang, kepik, kungkang, tomcat, ikan sepat, ikan betik, ikan gabus, yuyu, dll.

Alunan musik

Ketika waktu malam tiba, begitu jelas terdengar nyanyian suara binatang. Yang terdengar dominan adalah suara ribuan katak. Mereka memecah sunyi dengan suara-suara khas mereka.

Setahu saya, suara-suara katak merupakan alunan musik alami. Mereka ciptakan melodi-melodi indah di tengah-tengah hamparan sawah. Suara-suara katak dan binantang lainnya merupakan “hiburan gratis” atau “live music” bagi jutaan tanaman padi. Dan itu terjadi hampir setiap malam.

Hasilnya? Tanaman padi akan rileks, sehat, kuat, dll. Pertumbuhan tanaman akan optimal. Hasil yang akan didapatkan berbobot. Padi yang dihasilkan, begitu dimasak dan dimakan, rasa kenyangnya akan terasa lama di perut. Nasi dulu kalau dimakan, lama kenyangnya, begitu kalimat pernah saya dengar.

Panen Tiba

Pas tiba waktu panen, kebahagian di wajah-wajah petani di daerah tsb begitu jelas terlihat. Hampir tak ada wajah duka. Semua begitu gembira.

Aktivitas di daerah tsb begitu hidup. Seluruh warganya memiliki kegiatan masing-masing. Ada yang panen, ada yang menggebot panen padi, ada yang mengangkut hasil panen, ada yang menjemur gabah, dll.

Setelah kegiatan itu selesai, gabah-gabah yang berada di dalam karung sudah menumpuk diberbagai sudut rumah. Gabah-gabah tsb adalah harta riil penduduk desa. Siapa yang paling banyak karung gabahnya, mereka itulah yang paling berharta. Gabah-gabah di dalam karung begitu berlimpah,,,

Kakek kita jadi petani

Cerita di atas adalah gambaran hidup para petani puluhan tahun yang lalu. Bisa jadi, cerita di atas, bisa saja kita alami, saat kita masih kecil. Cerita itu, bisa saja terjadi saat orang tua kita atau kakek kita, kala itu jadi petani.

Zaman Kini

Saat ini, ketika waktu panen dimulai, justru banyak juga kita jumpai dan saksikan, tidak ada kecerian di sebagian wajah petani yang ingin memanen hasilnya. Panen yang mereka harapkan, malah menyisahkan cerita kepiluan.

Sebagian wajah dari mereka tertunduk lesu. Sudah kebayang, berapa banyak panen yang akan mereka dapatkan. Sudah kebayang pula, berapa biaya yang telah mereka keluarkan!!!

Panen yang mereka hasilkan, banyak yang kurang optimal. Banyak sekali kendalanya. Bisa hama dan penyakit, iklim yang kurang bersahabat, kelangkaan pupuk, dll.

Tiap musim tanam, ada saja hama yang menyerang. Mulai dari persemaian hingga panen. Ada penggerek batang, WBC, tikus, dll. Belum lagi, penyakit-penyakit endemik tanaman padi spt blas, kresek, kerdil rumput/hampa, tungro, dll.

Untuk menghadapi hama dan penyakit tsb, sebagian besar para petani hanya punya satu cara: semprot dengan “obat” (baca racun). Entah mengapa, kata “obat” buat pestisida, lebih indah terdengar di otak para petani daripada kata “racun” pestisida.

Hasilnya:

Seakan-akan hama dan penyakit tak pernah berhenti. Makin banyak disemprot makin banyak populasinya,,,
Setiap musim, tak pernah reda dari gangguan hama dan penyakit. Hama seperti penggerek batang seperti sundep dan beluk menjadi langganan petani. Belum lagi wabah wereng coklat yang begitu ditakuti petani, dll.

Sekarang ini, banyak petani yang raut wajahnya lebih tua dari usianya.
Mengapa? Sebab dia banyak menghirup “obat” (baca racun). Berapa kali, dia hirup “obat” pestisida dalam 1 musimnya. Bisa jadi, ada yang menyemprot 3-5 kali dalam 1 musim. Ada juga yang lebih.

Tapi ingat, ketika “obat” pestisida menempel di daun dan batang padi maka “bau dan sisa” obat pestisida masih bisa terhirup oleh hidung selama berhari-hari. Apalagi, bila “obat” pestisida bersifat mematikan.

Belum lagi, hampir sebagian besar petani kita adalah “non organik” (baca perokok). Makin klop, asam rokok dan bau racun pestisida masuk ke dalam ruang paru-parunya.

Ketika di sawah, ada teman termasuk saya yang biasanya bertanya kepada petani: “sudah berapa hari disemprot pak?”
Bila baru 1-3 hari, dalam beberapa menit sudah harus cabut dari situ. Minimal menjauhlah,,,

Coba lihat kondisi sawah sekarang ini, coba lihat di atas kepala kita, berapa banyak capung yang masih giat beterbangan. Coba lihat, kondisi di dalam sawah, berapa banyak katak dan anak katak, laba-laba, kecebong, laba-laba, belalang, kepik, kungkang, tomcat, ikan sepat, ikan betik, yuyu, dll.

Bisa jadi, binatang-binatang tsb hanya sedikit yang masih ada di sawah kita. Belum lagi, ketika malam tiba, alunan melodi suara ribuan katak sudah tak terdengar lagi, walau masih ada, suaranya terdengar sayup-sayup.
Padahal, suara-suara katak tsb adalah “hormon pertumbuhan” bagi tanaman padi.
Padahal, suara-suara katak tsb adalah “obat penenang” bagi tanaman padi.
Padahal, suara-suara katak adalah “live music” bagi tanaman padi.

Desaku Yang Tercinta

Pertanyaannya adalah bagaimana mengembalikan agar sawah kita bisa kembali indah.
Bagaimana para capung mau mengitari hamparan sawah kita kembali.
Bagaimana mengembalikan aneka binatang bisa menjadi penghuni sawah-sawah kita.
Bagaimana menghadirkan kembali, nyanyian suara-suara ribuan katak yang dibutuhkan oleh tanaman-tanaman padi kita supaya sehat.

Bagaimana caranya agar bisa kita jumpai suatu desa dengan julukan : DESAKU YANG TERCINTA

Nb: Gambar diambil dari internet

Posted in ABOUT TANAMAN PADI, SHARE ILMU | Leave a comment

SIAPA PRESIDEN KITA

Ubinan Padi dan hasil Quick Count

Kalau kita buka tulisan saya, sekitar bulan Oktober 2011 tentang PERSAMAAN UBINAN PADI DENGAN QUICK COUNT, maka menurut saya akan kita ketahui, bagaimana terjadi persamaan antara ubinan padi dengan quick count. Benang merah dari keduanya adalah mengambil sampel secara acak, sehingga bisa diketahui berapa hasil yang didapat.

Survey Lapangan

Alhamdulillah, saya pribadi pernah melaksanakan servey di beberapa titik sebelum pilkada Jawa Barat pada tahun 2008. Waktu itu, saya melakukan survey di Daerah Depok, Jawa Barat. Dengan sedikit pengalaman ini, setidaknya memberikan pemahaman kepada saya bahwa: “ohh begini toh yang namanya survey”.

Waktu itu, saya hanya pelaksana lapangan. Sudah ada yang memberikan data lapangan kepada saya dan team, supaya dilaksanakan sesuai dengan petunjuk yang ada.

Nah, sewaktu saya melakukan ubinan padi, saya menilai, apa-apa yang dilakukan di dalam survey ada benang merahnya dengan ubinan.

Hasil Quick Count Pilpres

Secara teori, saya sedikit paham metodologi yang digunakan oleh lembaga survey dalam melakukan quick count tsb. Sehingga saya hanya bisa menilai “sedikit” hasil quick count.

Permasalahannya adalah di dalam pilpres 2014 ini, lembaga survey terbelah menjadi dua:

1. Ada yang memenangkan prabowo ; Puskaptis, LSN, JSI, Indonesia Research Center (IRC), dll
2. Ada yang memenangkan jokowi : LSI, RRI, kompas, CSIS, SMRC, dll

Terpecahnya lembaga survey diatas terasa betul di media terutama di TV. Mereka begitu yakin bahwa hasil quick count merekalah yang paling valid. Dan ini jelas menimbulkan keresahan di masyarakat.

Buka-bukaan Data

Bila lembaga survey terbelah seperti sekarang ini, maka lembaga survey yang mau membuka metodologinya adalah lembaga survey yang patut diberikan 2 jempol. Sebab mereka membuka metodologinya agar bisa diketahui oleh masyarakat.

Siapa yang menang?

Dari hasil selancar di dunia maya, kemudian sedikit membaca “perang opini” lembaga survey, membaca metodologi lembaga survey yang telah membukanya, membaca komentar/tulisan para analis survey, dll.

Maka saya pun mau “meramal” tentang pilpres kali ini: siapa sih yang menang ?.

Ini “ramalan” saya, dengan metode “UBINAN SENDIRI” bahwa yang akan jadi presiden RI tahun 2014 – 2019 adalah Calon Presiden Nomor Urut 1.

Berapa kisaran menangnya, mas nurman?

” Berapa ya?”

Sekali lagi, ini hanya “ramalan” saya dengan metode “UBINAN SENDIRI”, angkanya sekitar sbb :

- 51-52 % buat Pasangan Nomor Urut 1
– 48-49 % buat Pasangan Nomor Urut 2
Saya bulatkan saja, nga pake koma-komaan.

Bagaimana kalau terbalik hasilnya, mas nurman?

” ya, pasangan nomor urut 2 yang menang dong”

Sebagai anak bangsa, apapun hasil keputusan rakyat, kita harus terima apapun hasil dari pilpres ini.

Tapi, untuk pastinya siapa yang menang dan berapa hasilnya: Kita tunggu tanggal 22 Juli dong !!!

Posted in SHARE ILMU | 8 Comments

PILPRES 2014

CAPRES CINTA DUNIA PERTANIAN
Penulis : Nurman Ihsan, SP

Besok, Rabu 9 JUli 2014, kita rakyat Indonesia akan melaksanakan Pemilihan Presiden (Pilpres). Pemilihan Presiden yang akan menentukan nasib anak bangsa Indonesia selama 5 tahun kedepannya.

Ada 2 kandidat yang yang bertarung,
Nomor Urut 1 : Prabowo-Hatta
Nomor urut 2 : Joko Widodo-Jusuf Kalla

Siapa yang akan kita pilih?
Itu adalah pilihan kita,,,

Tapi ingat, memilih Pemimpin Nasional (PRESIDEN) akan sangat menentukan nasib bangsa ini kedepannya. Pemimpin Nasional punya kebijakan yang luar biasa pengaruhnya.

Misalkan saja, Presiden mengeluarkan kebijakan nasional dengan lahirnya lahan abadi 1 juta hektar, maka akan keluar UU/Peraturan Presiden/dll yang akan merealisasikan kebijakan tsb. Maka ini, tentu saja akan diikuti oleh Kepala Daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Coba kita bayangkan, bila ada lahan abadi terutama lahan sawah, maka areal sawah bisa lestari sampai 50-100 tahun kedepannya dan seterusnya. Maka kebutuhan akan pangan buat rakyat negeri ini, akan bisa dimaksimalkan.

Sekarang ini saja, bila kita tengok 5 tahun kebelakang, maka sudah berapa puluhan ribu hektar atau ratusan ribu hektar sawah potensial dan subur bahkan dekat saluran irigasi yang diuruk untuk keperluan lain.

Dan ini, hanya bisa dihentikan bila di hati sang Presiden punya rasa yang dalam di dunia pertanian. Rasa cinta yang tidak bisa ditutupi lewat sepak terjangnya selama ini.

Berikut ini, foto capres kita,,,,

Prabowo Lesehan

Prabowo Lesehan

Jokowi

Jokowi

Karena saya suka pertanian, maka saya akan menilai kedua CAPRES ini dari kacamata pertanian.

Pertama, siap dari mereka saya suka pertanian ?

Prabowo sejak lama suka dengan hal-hal di dunia pertanian. Aktif di HKTI ( Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ). Bahkan sejak tahun 2004, Prabowo Subianto menjadi ketua umum HKTI. Itu artinya sudah sejak lama, Prabowo aktif di dunia pertanian. Jauh-jauh hari sebelum mendeklarasikan dirinya sebagai Calon Presiden.

Bahkan di rumahnya, sekitar daerah Hambalang Bogor, ada kebun dan peternakan yang luas yang diperuntukan buat perkembangan dunia pertanian.

Jokowi, sampai saat ini, saya belum melihat adanya aktifitas yang beliau lakukan di dunia pertanian. Jokowi pun tak pernah masuk ke dalam organisasi yang berhubungan dengan dunia pertanian. Kalau pun saat ini, di TV kita lihat foto Jokowi sedang ada di sawah, itu tak lain karena dia akan menjadi Calon Presiden.

Kedua, siapa yang banyak berjuang di dunia pertanian?

Seperti pada point pertama, dengan aktif di dunia dan menjadi ketua umum HKTI sejak 2004. Itu artinya perjuangan Pak Prabowo sudah berjalan puluhan tahun yang lalu. Waktu, tenaga dan dananya telah banyak dikelaurkan buat dunia pertanian.

Jokowi, sejauh ini, saya belum melihat sepak terjangnya dalam memperjuangkan dunia pertanian.

Ketiga, Cobalah tanya kepada sebagian besar tenaga penyuluh yang ada di Indonesia, dan tanyakan siapa capres yang cinta di dunia petanian?

Maka sebagian besar akan menjawab : Prabowo !!!

Itu artinya, disebagian besar kepala para penyuluh peranian sosok prabowo lebih mencintai dunia petanian.

Mungkin ada juga yang akan menjawab: Jokowi. Tapi itu, cuma sebagian kecil dari penyuluh pertanian yang akan berkata demikian.

Keempat, belum lama ini, ada PEKAN NASIONAL (PENAS) Dunia Pertanian di Batu Malang, Jatim. Karena cintanya pada dunia pertanian, maka Prabowo menghadiri acara tsb.

Capres Jokowi, dalam pertemuan tsb mungkin saja tidak diundang sehingga tak datang. Tapi setidaknya, capres Jokowi bisa saja datang (lewat tim suksesnya) bila ada keinginan kuat untuk memajukan dunia pertanian.

Kelima, dll

Posted in ABOUT TANAMAN PADI | 9 Comments