MOL DARI TOGE

MOL TOGE
Penulis Nurman Ihsan, SP (Penggiat Pertanian)

Toge Sisah

Belum lama ini, dirumah saya ada sisa toge. Ya, toge. Akhirnya saya teringat akan MOL.

Timbul pertanyaan:  mengapa tidak dijadikan MOL saja ?? bagi yang belum mengetahui apa itu MOL, silahkan baca tulisan AYO BUAT MOL.

Cara buat MOL Toge sama saja dengan pembuatan MOL pada umumnya.

Toge adalah Kecambah Kaya Hormon

Toge adalah kecambah, sepengetahuan saya kecambah kaya akan hormon tumbuh / ZPT. Kemudian toge juga kaya akan protein.

Nah, protein ini bila sudah diurai dan dijadikan MOL kaya akan Nitrogen. Nitrogen ini adalah unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tanaman. Terutama dalam masa pertumbuhan vegetatif tanaman. Apalagi kecambah diperkaya dengan adanya hormon tumbuh ini. Sangat cocok dibuat MOL.

Selain itu, toge sangat mudah larut sehingga dalam pembuatan MOL bisa lebih cepat dari biasanya.

Secara pribadi saya belum mengaplikasikan MOL toge ini ke tanaman padi, baru sebatas ditanaman pot saja.

Akan tetapi dengan melihat uraian di atas, MOL toge ini memiliki kemampuan yang bagus diaplikasikan buat tanaman ke lahan sawah.

Menurut informasi yang saya dapat, ada petani yang telah mengapliaksikan MOL TOGE ini ke lahan sawahnya. Dan hasil yang diperoleh dari panen padinya sangat bagus.

About NURMAN IHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in MOL, PUPUK ORGANIK. Bookmark the permalink.

5 Responses to MOL DARI TOGE

  1. cantrik says:

    Pakai gula, air tajin dll, proses pembuatannya sama dengan Mol rebung dll kan pak?

  2. itu cr buatnya gmn

  3. Walter says:

    Trimakasih, informasi ini mendukung. Saya mau memulai budidaya tauge di Sidikalang SUMUT, tp msh bingung utk memulainya. Gimana cara terbaik budidaya toge, sudah 10 kali coba, hasilnya msh jau dari yg diharapkan, soalnya toge yg dihasilkan kurus kurus. Jadi kesimpulannya bisakah saudara/i bantu saya budidaya toge supaya toge dapat lurus dan gemuk. Mohon informasinya.

Leave a comment