PADI INPARI 31, 32 DAN 33

MENGENAL INPARI 31,32 DAN 33
Oleh : Efendy Manan

Tak terasa sudah 1 tahun lebih saya tidak menulis artikel dalam Blog ini…karena kesibukan dan rutinitas yang membuat kesempatan menulis menjadi tersita.Dan untuk mengobati rasa kangen ini saya ingin memulainya dengan menulis deskripsi tentang varietas-varietas padi inbrida baru yang direlease oleh BBPadi pada tahun 2013 lalu.

Varietas inpari 31-33 ini sengaja dirakit untuk menghadapi berbagai serangan OPT utama padi seperti penyakit kresek/Xanthomonas dan wereng batang coklat (WBC) yang akhir-akhir ini intensitasnya semakin tinggi akibat perubahan iklim di Indonesia.Sehingga diharapkan dengan hadirnya varietas yang baru ini mampu membantu petani memperoleh varietas padi unggul baru yang tahan terhadap hama dan penyakit.Untuk lebih jelasnya mari kita mengupas satu persatu varietas padi inpari 31-33 sebagai berikut:

1.INPARI 31 (TAHAN HDB)
Nomor seleksi : B12743-MR-18-2-3-8
Asal seleksi : Pepe/BP342B-MR-1-3-KN-1-2-3-6-MR-3-BT-1
Umur tanaman : ±112 hari setelah sebar
Bentuk tanaman : Tegak
Tinggi tanaman : ±104 cm
Kerebahan : Tahan
Bentuk gabah : Panjang, ujung gabah kadang-kadang berbulu pendek
Warna gabah : Kuning bersih
Kerontokan : Sedang
Tekstur nasi : Pulen
Kadar Amilosa : + 21,1 %
Rata–rata hasil : + 6,0 ton/ha GKG
Potensi hasil : 8,5 ton/ha GKG
Ketahanan terhadap Hama & Penyakit :
Tahan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, 2 dan 3
Tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe III, agak tahan terhadap hawar daun bakteri
patotipe IV dan VIII, tahan terhadap blas 033, agak tahan terhadap blas ras 133, serta
tahan terhadap tungro ras Lanrang
Anjuran tanam : Cocok ditanam diekosistem sawah dataran rendah sampai ketinggian 600 m dpl.
Pemulia : Buang Abdullah, Sularjo, Heni safitri.

2.INPARI 32 (TAHAN HDB)
Nomor seleksi : BP10620F-BB4-15-BB8
Asal seleksi : Ciherang/IRBB64
Umur tanaman : + 120 hari setelah sebar
Bentuk tanaman : Tegak
Tinggi tanaman : + 97 cm
Daun bendera : Tegak
Bentuk gabah : Medium
Warna gabah : Kuning bersih
Kerontokan : Sedang
Kerebahan : Agak Tahan
Tekstur nasi : Sedang
Kadar Amilosa : + 23,46 %
Rata-rata hasil : + 6,3 ton/ha GKG
Potensi hasil : 8,42 ton/ha GKG
Ketahanan terhadap
Hama : Agak rentan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, 2 dan 3
Penyakit : Tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe III, agak tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe IV dan VIII, tahan terhadap penyakit blas ras 033, agak tahan terhadap blas ras 073, serta agak tahan terhadap tungro ras Lanrang
Anjuran tanam : Cocok ditanam di ekosistem sawah dataran rendah sampai ketinggian 600 m dpl.
Pemulia : Aan A. Daradjat, Cucu Gunarsih, Trias Sitaresmi dan Nafisah.

3. INPARI 33 (TAHAN WBC)
Nomor seleksi : B11742-RS*2-3-MR-5-5-1-Si-1-3
Asal seleksi : BP/360E-MR-79-PN-2/IR71218-38-4-3//BP360E-MR-79-PN-2
Umur tanaman : ± 107 hari setelah sebar
Bentuk tanaman : Tegak
Tinggi tanaman : ± 93cm
Daun bendera : Tegak
Bentuk gabah : Panjang Ramping
Warna gabah : Kuning bersih
Kerontokan : Sedang
Kerebahan : Agak tahan
Tekstur nasi : Sedang
Berat 1000Butir : 28,6 gram
Kadar Amilosa : ± 23,42 %
Rata-rata hasil : 6,6 t/ha
Potensi hasil : 9,8 t/ha
Ketahanan terhadap
• Hama : Tahan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, 2, dan 3.
• Penyakit : Tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe 3, agak tahan patotipe VIII. Agak tahan blas ras 033, tahan ras 073, serta rentan tungro
Anjuran tanam : Cocok untuk ditanam diekosistem tanah dataran rendah sampai ketinggian 600 mdpl
Pemulia : Buang Abdullah, Sularjo, Heni Safitri

About NURMANIHSAN

Bila cinta kepada seseorang saja, di hati penuh kerinduan. Apalagi bila kita dapatkan cinta ALLOH SWT. Ini prestasi seorang hamba. Prestasi hidup. Dan prestasi terbesar. Oleh sebab itu, rebutlah cinta itu,,,
This entry was posted in ABOUT TANAMAN PADI. Bookmark the permalink.

117 Responses to PADI INPARI 31, 32 DAN 33

  1. inpari 33 anakan banyak,inpari 32 anakan sedang ..

  2. efendy manan says:

    Musim ini saya mulai tanam inpari 31-33 mas yuri….inpari 32 dan 33 sptnya juga menarik bulir2x nya cukup besar dan sekam nya tipis

    • gunariyanto says:

      mohon info hasil panen inpari 31.32 dan 33 yang p , Efendy tanam saya petani baru dari ngawi nama saya Gun sebad saya baru akan memulai nyebar MT 2 terima kasih sebelumnya infonya

      • efendy manan says:

        Salam kenal pak…..menurut saya pribadi yg layak dikembangkan petani adalah inpari 32 dan 33…..namun keduanya berbeda karakter….inpari 32 tahan HDB..umur sedikit agk dalam dr ciherang namun hasilnya jg bgs…kualitas gabah juga mantep…kalau inpari 33 fisik agk mirip ke IR 64…umur juga agk mirip …tahan wereng ..namun agk rentan HDB di primordia …umur 35-50 hst…kualitas dan tonase gabah bgs…anakan banyak

  3. farida says:

    Maaf saya mau bertanya, tolong dibantu dengan jawabannya ya.
    Berapa banyak kebutuhan air padi sawah varietas inpari 32 pada setiap tahap penanaman padi dari persemaian, tandur, weeding, pemupukan hingga pemanenan secara rincih dengan satuan liter/detik/hektar?
    Mohon bantuannya ya. Terimakasih.

    • efendy manan says:

      Mbak Farida…pertanyaan njenengan sangat sulit untuk saya jawab karena tidak semua sawah memiliki type tanah yg berbeda,ketersediaan air yg berbeda pula…mungkin sama dengan pertanyaan saya kepada njenengan seberapa banyak oksigen dan CO2 yang anda hirup dan dikeluarkan selama 24 jam dalam satuan detik?apakah sama tiap orang sama?

  4. sa juli says:

    mas efendi manan inpari 31 sekamnya setebal padi apa?,

  5. efendy manan says:

    Yang saya amati…utk sekam inpari 31-32-33 sekamnya sekelas ciherang…bedanya bulir inpari 31 agk lbh kecil dr ciherang…krn tipe malai inpari 31 lbh panjang dr ciherang..juga isi bulir per malainya..ini info ibu trias sitaresmi dari BBPadi

  6. sa juli says:

    mas efendi manan terima kasih infonya

  7. Sutikno says:

    Pak Efendy Manan saya mau tanya kalo inpari dan ciherang hasil tonasenya lebih bagus mana pada umumnya? saya juga mau tanya klo pake pupuk TS 36,ponska,dan urea takerannya /hektar berapa kiloan dan sebaiknya berapa kali pemupukan? karena ditempat saya kebumen rata2 petani melakukan 2x pemupukan saja. terima kasih atas jawabannya maaf banyak nanya maklum pemula

  8. efendy manan says:

    Pak Sutikno….Inpari itu sangat banyak nomor serinya….dari inpari 1 hingga inpari 35 (salinitas) tentu saja beda varietas beda pula karakternya.Jika yang ditanyakan tentang tonase (bobot gabah) secara umum mana yg lbh bagus dari ciherang menurut saya…inpari 1,10,12 dan 30….kalau inpari 31-32-33 masih saya ujicoba di lahan saya pak…Oya,bisa diberi garis besar bahwa pemerintah merelease var baru bukan hanya untuk hasil tinggi saja pak melainkan juga untuk ketahanan hama dan penyakit,kesesuaian terhadap lingkungan maupun ketahanan pada cuaca extrem yg sedang melanda negara kita.Diharapkan petani memiliki pilihan varietas menghadapi berbagai kondisi di lapangan..sehingga ketahanan pangan nasional tetap terjaga.
    Untuk Pola pemupukan bapak bisa melihat file yang sudah ditulis dalam artikel pada blog ini…terima kasih

  9. dany201 says:

    Mantap nyimak sambil belajar pak.. Sya ahmad zain..

  10. efendy manan says:

    Iya pak…monggo pak ahmad zain

  11. suli says:

    nderek nyimak……bab aku jangan crita di sini….nyimak thok

  12. Rahmat says:

    Sangat bermanfaat infonya mas,,perkumpulan para senior padi ya,,?

  13. awi says:

    di mana ya bsa dapatkan benih inpari 33,di daerah ku sragen bahkan ndak ada

  14. dany201 says:

    Di tunggu hasil nya pak efendi..
    Saya mau nya yang gampang perwatan,
    Sidikit srangan opt, spertinya klu mnurut pengamatan ke 3 jenis varetas ini cukup memberi tekanan birahi hahaha.. utuk sya mencobanya..
    Smga dengan pencpaiyan yang telah ada menjadikan smua oksi pertnian di indonesia semakain maju lan sukses..

  15. efendy manan says:

    Baik mas….kebetulan inpari 31,32 kebagian di lahan ekstrem…berpasir dg top soil yg dangkal…heheheh semoga saja hasilnya tdk mengecewakan

  16. ringga says:

    tuk anakan inpari 31,32,33 mana yg lbh banyak…trus tuk karakter vegetativenya gmn pa efendy inpari tersebut. kbetulan smping sawah sya ada yg tanam inpari 32 namun penampakannya kok kurang seger. daun jogjrog kaku, tanaman pendek, anakan dikit.
    dibandibgkan dg jembar bibit dari kang cantrik….

  17. efendy manan says:

    Salam kenal kang ringga di Oksigen Pertanian….utk inpari 31-32 mmg anakan tidak sebanyak inpari 33 yg postur dan pertumbuhan mirip IR 64. inpari 31-32 lbh punya keunggulan di panjang malai dan isi bulir per malai…namun pastinya akan saya update disini…kebtulan skr saya tanam inpari 31-32 dan 33 dan varietas/galur lokal unggulan dari karawang SOLMEX dan SHOGUN PUTIH

  18. arif madiun says:

    bagaimana dengan uji tanam inpari 33 nya pak? mohon saya jg di beri kesempatan ikut menanamnya… sak gegem mawon mboten nopo nopo… matur suwun

  19. efendy manan says:

    Untuk inpari 33 baru ditanam mas arif…karena kendala ketersediaan lahan..berbagi dengan inpari 31-32 dan Solmek

  20. heru says:

    Sy tetarik untuk menanam inpari 33.karena di daerah kami banyak lahan yang pd musim hujan tidak bisa ditanami karena tergenang air.mohon info dimana bs mendapatkan benih di madiun dan sekitarnya

  21. pak efendi gimana padi solmex nya?
    hehhehehe….

  22. efendy manan says:

    Untuk inpari 33 saya baru umur 30 pak Heru…..kalau dilihat dr pertumbuhan cukup bgs dan adaptif dg anakan cukup banyak mirip IR 64….

  23. efendy manan says:

    Solmexnya alhamdulillah udah njebul….cantik juga malainya…..mas Yana Firmansyah….

  24. Chasani says:

    bagai mana cara mendapatkan padi inpari 33

  25. efendy manan says:

    Untuk lebih memberikan gambaran real mengenai inpari 33….umur setara IR 64 baik anakan maupun posturnya…yg berbeda adalah daun inpari 33 lbh lebar dan bulir lbh besar.Dan satu lagi inpari 33 tidak menyukai genangan air terlalu lama,peka terhadap cekaman fe dan Al…kalau pak Chasani minat insyaAllah inpari 33 saya nanti bisa dicoba nuwun….

  26. aris says:

    info yang sangat bermanfat. tp untuk wilayah surakarta dimana saya bisa mendapatkan benih inpari 33? kalau ada yang tahu tolong infonya.

  27. efendy manan says:

    Bisa bapak tanya di BPTP Jateng….mungkin sdh ada benihnnya pak…trims

  28. bachri says:

    assalamu’alikum,
    tertarik akaan tanam HIbrida padi ( hipa 7 ) tahan tungro.Mohon sheringnyaa yg sudah pernah tanam makaasih. Wass wr wb.

  29. kangdhyn says:

    mas efendy saya di daerah magetan jawa timur, mohon infonya bisa beli benih inpari 31 di mana? apa telah beredar di toko pertanian,?? makasih sebelumnya

  30. efendy manan says:

    Saya pernah lihat inpari 31 SS sdh ada di daerah pasuruan….dari penangkar banyuwangi…

  31. kewoy saja says:

    bagaimana pa hasil panen inpari 31-33 nya?

  32. efendy manan says:

    Untuk inpari 31 dan 32 tidak bisa diselamatkan krn kekeringan parah…tp yg patut dicatat inpari 31 lbh genjah drpd inpari 32…malai lbh panjang tp bulir lbh kecil….kalau inpari 33 alhmdulillah walau kekeringan juga msh berdaya hasil 7,2 ton/ha…lbh baik drpd IR 64 sbg pembanding nya yg hanya 6,4 ton/ha…umur lbh genjah inp 33 4-5 hari…kerontokan tidak alot dan batang lbh kokoh….over all inpari 33 mirip banget dg IR 64 posturnya

  33. Lebdo Widyatmo says:

    Bagaimana cara mendapatkan benih Padi Inpari 31 ? Mohon petunjuknya. Trimakasih.

  34. efendy manan says:

    Bapak bs menghubungi BPTP setempat atau ke UPBS BBPadi….sayang inpari 31 dan 32 saya tidak bisa diselamatkan

  35. parjiyono Jijek says:

    saya juga tertarik untuk menanm inpari 33. soale didaerah saya yg ada cuman ir64, mbramu,Ciherang, mikongga, umbul” saya nggak mudeng tipr yg lain. yg jelas saya pengen menanam padi setelah panen ini yg tahan hama dan air karena akan datang musim hujan. kultur tanah di saya gembur dan dalam musim hujan susah membuangnya, mohon saran dan masukan karena saya masih pemula. tks

  36. efendy manan says:

    Utk inpari 33 saya ada benihnya walau tidak banyak pak…

  37. efendy manan says:

    Kalau hanya 10 kg ada pak…..itupun stok terakhir….bisa di hub di 081-336828357

  38. Subadi says:

    Semoga semua Petani yang menanam Inpari 33 bisa berhasil dengan baik, bisa melebihi apa yang telah mereka capai sebelumnya. Dengan demikian kesejahteraan Petani akan meningkat. Aamiiin

    • efendy manan says:

      Semoga pak….bisa menjadi alternatif pilihan bagi petani kita….terutama bagi daerah yg endemik WBC….rasa nasi inpari 33 menurut mas Nurman msk kategori pulen

  39. yunianto says:

    Pak efendy, sy mo beli bibit padi inpari 33 dimana pak, terus caranya gimana kalau lewat njenengan

  40. efendy manan says:

    Utk inpari 33 sdh hbs pak…baru tanam umur 20 hst…..

  41. Subadi says:

    Sepertinya Inpari 33 ini jadi sasaran berburu, sampai-sampai di BB Padi sudah habis, yang tersisa tinggal Inpari 31 dan Inpari 32. Info terakhir diperoleh siang tadi.

  42. efendy manan says:

    Betul pak subadi…..ada keunggulan inpari 33 yg menjadi revisi bagi inpari 13….yaitu tingkat rendemen yg lbh bagus,rasa nasi yg lbh pulen,dan gebotan yg lbh mudah tidak alot…utk ketahanan hama WBC insyaAllah lbh kuat dr pd pendahulunya…

  43. gde bedude says:

    pak..inpari mna yg bagus untk tanah asam / Ph rendah? mau coba banyuasin tp adakah yg lbh bagus potensi hasilx

  44. efendy manan says:

    bapak bisa coba inpari 8…ditempat saya cukup adaptif ….juga aplikasi silika…dalam beberapa ujicoba mampu menigkatkan toleransi tanaman terhadap keasaman tanah dan salinitas

  45. Nunggu tropical….😀

  46. efendy manan says:

    Kabar terakhir dari teman…msh blm siap benihnya….bikin dag dig dug aja….

    • Sutarso says:

      pa saya tanam inpari 32…sekarang berumur 25 hss…pertumbuhan batang dan daun kelihatannya tegak dan kaku,,apakah itu karakteristik inpari 32 atau padi tersebut ada masalah

      • Subadi says:

        Saya 09-Feb kemarin posting foto tanaman Inpari 32 dari lahan BB Padi di group fb Petani Mandiri. Saya lihat memang seperti itu, kaku hampir seperti daun bawang merah.

  47. efendy manan says:

    Betul pak Surtarso…..inpari 32 batang n daunya tegak dan kaku dari pertumbuhan vegetatif hingga panen…mirip logawa…..

  48. arif says:

    alhamdulillah sy br saja panen inpari 33, gabahnya besar-besar, anakan juga banyak. tahan rebah, dan tahan wereng, kebetulan lahan tetangga di serang wereng. tp inpari 33 selamat sampai panen. kalau ada yang mau tanam bisa hubungi saya, atau sekedar berbagi pengalaman tentang inpari 33.

  49. efendy manan says:

    1 minggu lg sy akan panen inpari 33 label kuning / BS…insyaAllah bisa pak…bisa nanti hub di 081336828357

    • gunariyanto says:

      salam kenal kembali, saya membutuhkan inpari 33 sekitar 150kg untuk tanam mt 3 nanti kira kira bisa kirim ? dan sekaligus harganya nanti saya tranfer keuangan kemudian posisi saya di ngawi trimakasih sebelumnya

  50. efendy manan says:

    Baik pak….kita persiapkan dulu…ada kontak yg bisa dihubungi?

  51. efendy manan says:

    MT 2 depan diperkirakan terjadi peningkatan serangan WBC akibat pancaroba ke musim kemarau….sebaiknya gunakan benih padi tahan wereng spt inpari 33..var ini juga berumur genjah…dan cukup toleran kejeringan air

    • roni says:

      Salam… saya tertarik dng infari 33… klo pesan benih 10 kg ke aceh… bisa mas efendi bantu..?, kalo ada mohon info harga serta ongkirnya ke banda aceh.. terma ksih…

  52. Subadi says:

    Terbukti bahwa Inpari 33 itu tahan WBC seperti ditulis oleh Pemulianya di diskripsinya.

  53. efendy manan says:

    InshaaAllah bisa saya bantu kebetulan teman baru ada penangkaran inpari 33 BS….

  54. efendy manan says:

    Maaf pak….untuk saat ini inpari 33 FS sdh hbs….inpari 33 SS tinggal menunggu panen.

  55. efendy manan says:

    Iya…betul pak

  56. Suyanto says:

    Ass.kmren saya tanam inpari 33.bnh dpt dr pak efendy 10kg.lokasi sy d yanto no hp 081270052878 prambon nganjuk.untuk papan 100ru panen dpt 11450 kg.ckp bgs.thn wrng terbkti krna smping saya ir 64 kn wereng.inpari 33 sy di mkn sdkt.trs hama wrng trsbt pergi tanpa sebab.padahal sy tdk mnggunakan pestisida anti wrng.ini yg agk sy sk berasnya besar2 tp pulen d putih.kmrn sy cb giling padi 45kg gabah jadi brs 29kg.memang pak omngannya dpt d percaya.jngan kuatir transaksi sm pak efendi.sy prnah ke rmh pak efendi 2*.TRM’S

  57. Asep says:

    Mohon maaf ikut nimbrung.. Bagi para petani yg membutuhkan benih padi inpari jenis apa pun bisa pesan ke no 087726888819…kebetulan rumah saya dekat dengan BB padi sukamandi

  58. mashadibai says:

    Maap mas manan…saya lokasi di sukagumiwang, tepatnya di desa tersana kira2 1km dari jln pantura jmbtan binaria. Saya pingin tanam inpari 33 buat mt 2 ini, di mana untk lokasi sktar yg sdh prnah tanam?

  59. agus says:

    untuk inpari 33 rawan hdb gimana cara antisipasi nya pak efendi, trims ksih

  60. gun says:

    tukar informasi ditempat kami inpari 33 hasil ubinam dg inpari 32 hasilnya bagus inpari 33 kemudian untuk rendeman air masih tahan inpari 33 ,inpari 32 tidak tahan hdb saya antisipasi pakai vilia mulai umur 30hst ,umur 40 hst semprot secor umur 60 pertako dan umur 70 scor hasilnya lumayan bagus sayang inpari 33 disenangi tikus sedang inpari 32. tikus tidak begitu suka, sama dengan inpari 30, teapi inpari 32 ditempat kami tidak tahan dengan penyakit tongro .ini ditempat kami ramai2nya panen mt2 yang paling jelek hasilnya panen dari tunas 1 ha, hanya 2,1 ton kemudian ceherang pada kena penyakit , terutama potong leher

  61. gun says:

    tukar informasi ditempat kami inpari 33 hasil ubinam dg inpari 32 hasilnya bagus inpari 33 kemudian untuk rendeman air masih tahan inpari 33 ,inpari 33 tidak tahan hdb saya antisipasi pakai vilia mulai umur 30hst ,umur 40 hst semprot secor umur 60 pertako dan umur 70 scor hasilnya lumayan bagus sayang inpari 33 disenangi tikus sedang inpari 32. tikus tidak begitu suka, sama dengan inpari 30, teapi inpari 32 ditempat kami tidak tahan dengan penyakit tongro .ini ditempat kami ramai2nya panen mt2 yang paling jelek hasilnya panen dari tunas 1 ha, hanya 2,1 ton kemudian ceherang pada kena penyakit , terutama potong leher

  62. efendy manan says:

    Hasil nya berapa pak.gun?

  63. gun says:

    hasil ubinan panen padi inpari 32ditempat kami 8.4 ton/ha, hasil inpari 33 untuk mt 2 ini 8,5 ton/ha dengan catatan padi inpari 33 tidak dimakan hama tikus karena inpari 33 paling disengi sama inpari 19 dan IPB3S juga disenangi tikus karena semua itu sudah saya coba tanam sebenarnya hasilnya tinggi tapi ditempat kami tidak cocok khususnya daerah sawah irigasi ditempat kami yang air nya selalu ada beda dengan sawah yg airnya dari sumur bor kayaknya tidak ada hama tikusnya

  64. irawan sutanto says:

    inpari 8 dengan inpari 33, secara keseluruhan lebih unggul yg mana?. dan rasa nasinya enak yg mana?

  65. efendy manan says:

    Untuk rasa nasi lebih enak Inpari 33… Inpari 8 agak pera…Untuk saat ini saya mencoba tanam yang kedua galur MALAKA dari karawang..

  66. dini says:

    dikecamatan tirtajaya batujaya dll kab karawang banyak petani menanam padi 69, dan hasil panennya pun lebih unggul dari jenis padi yang lainnya. mohon pemberitahuannya sebenarnya berasal dari varietas apa padi 69 ini pak? terima kasih

  67. efendy manan says:

    Mungkin saja itu galur lokal bu….daerah pantura indramayu…karawang banyak sekali galur hasil pemuliaan petani

  68. gun says:

    dimana bisa mendapatkan benih padi inpari 44 kalau boleh tau dan bagaimana prosedurnya trima kasih sebelumnya

  69. efendymanan says:

    Inpari 44 merupakan varietas pemutihan dari galur lokal kebo x ciherang….seperti nya belum direlease luas …inpari 43 dan 42 msh terbatas…

  70. efendymanan says:

    Untuk ketahanan opt dan hasil…inpari43 lbh unggul

  71. Amir says:

    Dari Keseluruhan Inpari Mana Yang Lebih Unggul, 31,32 atau 33.. bagaimana dengan Inpari 34 dan 35.?

  72. efendymanan says:

    Untuk musim hujan lbh baik Inpari 32….namun sekarang sudah release Inpari 42 GSR dan Inpari 43 GSR…yg memiliki lbh banyak keunggulan.

  73. gun says:

    dimana bisa mendapatkan benih inpari 42 atau 43 mohan info selengkapnya trima kasih sebelumnya mengingat satu bulan lagi di daerah kami sudah ramai panen padi mt 3 dan untuk panen padi mt 3 ini petani pada dapat subsidi dari atas tiap hari turun hujan dan hasil pada bagus bagus karena 1,2 petani sudah pada panen,rata2 per hektar dapat uang 42 jt kotor dalam arti belum dipotong pupuk sewa tanah tenaga rata2 32 jt bersih bagaimana ditempat lain mungkin sama , itu sekedar info di tempat kami

  74. efendymanan says:

    Inpari 42 saya ada…..

  75. gun says:

    tiap 10 kg harganya berapa ? di emtambah ongkos kir

  76. efendymanan says:

    Inpari 42….setara kelas SS 12.500 per kilo…ongkir tergantung berat pak

  77. gun says:

    maaf tanya ketahananya dengan inpari 32 terhadap hawer daun tahan mana karena di tempat kami paling rentan hawer daun mohon penjelasan ketahan nya terhadap penyakit

  78. davit says:

    salam kenal……….
    saya baru coba tanam inpari 32 sudah berumur 30 hari……untuk pemupukannya bagaimana tlg dibantu

  79. Amr.Dsx says:

    SALAMUA’LAIKUM
    LEBIH UNGGUL MANA INPARI 33, 34 DAN 35.. PESAN KE ACEH INPARI 33 10 KG BERAPA.?

  80. efendymanan says:

    Untuk keunggulan hasil….Lbh baik Inpari 32 dari pada 33

  81. efendymanan says:

    Lbh unggul inpari 32…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s